Dukung Upaya Tenaga Kesehatan Lewat Riset Produk, LIPI Ciptakan Alat Terapi Oksigen Pertama di Indonesia

0
717

Jakarta, Malanesianews, – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil menciptakan alat terapi oksigen bertekanan tinggi. LIPI menyebut alat ini diharapkan dapat menanggulangi dampak pandemi virus Corona (COVID-19).

“Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) turut mendukung upaya para tenaga kesehatan tersebut melalui riset produk alat terapi oksigen beraliran tinggi. Alat terapi oksigen beraliran tinggi ini adalah yang pertama di Indonesia dan berhasil lolos uji dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Kementerian Kesehatan,” ujar LIPI dalam keterangannya, Rabu (17/6).

LIPI menyebut alat terapi oksigen bertekan tinggi ini sangat berguna untuk pasien COVID-19. Alat ini disebut sebagai pertolongan pertama bagi pasien, sehingga diharapkan pasien tidak sampai menggunakan ventilator.

“Alat ini sangat berguna untuk pasien COVID-19 untuk tahap awal jika pasien masih dalam kondisi dapat bernafas sendiri untuk mencegah pasien tidak sampai gagal nafas dan tidak harus diinkubasi menggunakan ventilator invasif,” jelasnya.

LIPI menyebut pihaknya terus berusaha melakukan penelitian untuk mengoptimalkan penanggulangan virus Corona. LIPI berharap alat-alat tersebut mampu meringankan gejala pernafasan yang diderita pasien.

“Untuk menanggulangi dampak pandemi virus COVID-19, penyedia layanan kesehatan berusaha mengoptimalkan segala peralatan kesehatan khususnya yang berhubungan dengan gangguan pernafasan. Untuk membantu meringankan gejala pasien, penyedia layanan kesehatan menggunakan ventilator mekanik guna meringankan gejala pernafasan yang diderita pasien,” katanya.

 

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024