Dibuka Walikota Jayapura, Youth Leadership Forum Resmi Digelar

0
755
Pendiri Yayasan Lima Sila Komarudin Watubun (Kiri) Walikota Jayapura Benhur Tomy Mano (Tengah) dan Ketua Yayasan Lima Sila Servas Pandur (Kanan)

Jayapura, Malanesianews, – Program kegiatan Youth Leadership Forum yang diadakan oleh Yayasan Lima Sila telah resmi di buka mulai hari ini, Jumat (7/2).

Kegiatan ini akan berlangsung 3 hari yaitu mulai dari tanggal 7-9 Februari di Sentani Purnama Resto, Kota Jayapura, Papua.

Suasana Saat Registrasi Peserta

Pembukaan kegiatan Youth Leadership forum di lakukan oleh Walikota Jayapura dengan memukul Tifa alat musik ciri khas Papua.

Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano menyambut baik kegiatan yang digagas Komarrudin Watubun.Sebagai tuan rumah yang baik, Walikota juga menyumbang keperluan Yayasan Lima Sila demi suksesnya kegiatan pelatihan. Seperti akomodasi, konsumsi dan transportasi para peserta.

“Kita sepakat gotong royong dan saya sebagai tuan rumah siap membantu suhu kita, bung Komarrudin. Kegiatan ini akan masuk dalam agenda tahunan yang berkelanjutan dan pembiayaannya dari APBD Kota Jayapura,” ujar Benhur.

Pendiri sekaligus Ketua Dewan Pembinan Yayasan Lima Sila, Komarrudin Watubun menjelaskan mengapa Papua dipilih sebagai lokasi pertama diadakanya kegiatan ini

“Papua sengaja dipilih sebagai titik awal pergerakan program Yayasan Lima Sila karena memang memiliki makna filosofis, yaitu awal mula matahari terbit menyinari Nusantara,” kata Komaruddin saat pembukaan kegiatan.

Perubahan sosial yang semakin kompleks ini, menurut Komarrudin, diakibatkan oleh merosotnya rasa peduli terhadap sesama. Ditambah lagi kepentingan berbagai hal yang bersifat politis, yang merusak moral masyarakat dan juga lingkungan sekitarnya.

“Dari masalah itulah muncul gagasan Yayasan Lima Sila yang mengajak generasi muda untuk mampu memimpin dirinya sendiri lewat berbagai kegiatan positif dengan konsep membangun kesadaran kolektif kawasan,” tambah Komaruddin.

Kemudian kegiatan pembukaan hari ini dilanjutkan dengan diskusi kelompok, yang bertujuan untuk mengasah kemampuan analisis dengan mengedepankan informasi berupa data dan fakta.

Suasana Diskusi Kelompok Peserta Youth Leadership Forum

Materi yang di berikan kepada peserta berupa 80 perserta difokuskan pada soft skill, sementara 20 persen lagi untuk diskusi.

Youth Leadership Forum adalah program untuk mendorong generasi muda yang berkarakter dan memiliki jiwa kepemimpinan dengan harapan mencerdaskan calon-calon pemimpin abad 21.

Instruktur dan fasilitator program melibatkan berbagai latar belakang kemampuan seperti ilmuwan, seniman, dan aktivist muda serta kalangan profesional.

Ke depan, pelatihan  ini direncakan akan di gelar di Maluku, NTT, Ambon dan wilayah Indonesia bagian timur lainnya.

 

 

 

 

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024