Dalam Rangka Perayaan 129 Tahun Misi Katolik, 5 Uskup di Tanah Papua Dipastikan Hadir di Fakfak, Papua Barat

0
306

Fakfak, Malanesianews,- Para Uskup di Tanah Papua dipastikan akan hadir dalam perayaan 129 Tahun Misi Katolik di Tanah Papua yang akan dilaksanakan di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat. Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Perayaan, Clemens Adopak, pada Kamis, 11 Mei 2023. Menurutnya, 5 Uskup dari berbagai keuskupan di Tanah Papua telah mengkonfirmasi kehadirannya dalam acara tersebut.

Ke-5 Uskup tersebut adalah MGR. Yanuarius Theofilus Matopai You PR dari Keuskupan Jayapura, MGR Aloysius Murwito OFM dari Keuskupan Agats, Uskup Mgr Canisius Petrus Mandagi dari Keuskupan Agung Merauke, P Marthen Ekowaibi Kuwaiyo PR dari Keuskupan Timika, dan MGR Hilarion Datus Lega PR dari Keuskupan KMS. Para Uskup ini diharapkan dapat merajut kerukunan umat Katolik dan umat beragama secara umum di Papua.

Panitia berharap para Uskup dapat datang dan melihat Fakfak secara langsung, bagaimana masyarakatnya, dan perkembangan Katolik di Tanah Mbaham Matta ini. Dalam salah satu rangkaian acara, acara napak tilas akan diadakan di Kampung Sekru, Distrik Pariwari yang merupakan lokasi pendaratan pertama Pastor Cornelis Le Cocq d’Armanville, SJ pada 22 Mei 1894 silam.

Sebelumnya, masyarakat Papua Barat telah mengumpulkan dana sebesar Rp 438 juta melalui prosesi Wewowo Misi Katolik Maghi untuk perayaan ke-129 tahun Misi Katolik di Tanah Papua. Perayaan ini akan dilangsungkan mulai Jumat, 19 Mei hingga Selasa, 23 Mei 2023. Acara ini mengangkat tema “Historia Estvitae Magistra” yang bermakna “Sejarah adalah Guru dalam Kehidupan”. Acara ini diharapkan dapat memperkuat kebersamaan dan kerukunan antara umat Katolik dan umat beragama di Papua.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here