Bupati Keerom Komitmen Hadirkan Pelayanan Kesehatan Terbaik bagi Masyarakat

0
239

Keerom, Malanesianews – Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Keerom di bawah kepemimpinan Bupati Piter Gusbager telah menunjukkan komitmennya. Dalam waktu dekat, Pemkab Keerom akan menjalin kerja sama dengan RSUD Dok 2 Jayapura guna memastikan pelayanan kesehatan yang optimal.

Direktur RSUD Dok 2 Jayapura, Aloysius Giay, mengungkapkan bahwa pertemuan antara pihak rumah sakit dan jajaran Pemkab Keerom telah berlangsung. Dalam pertemuan tersebut, mereka menyepakati bahwa seluruh pasien rujukan dari Keerom akan mendapatkan biaya penuh yang akan ditanggung oleh pemerintah daerah, baik bagi pasien BPJS maupun non-BPJS.

Aloysius menjelaskan bahwa MoU antara RSUD Dok 2 Jayapura dan Pemkab Keerom akan segera dilakukan dalam waktu dekat. Dengan MoU ini, RSUD Dok 2 Jayapura akan mengklaim data pasien dari Kabupaten Keerom, sehingga pasien rujukan akan memperoleh hak dan kewajiban sesuai dengan kesepakatan yang tercantum dalam MoU.

Piter Gusbager, selaku Bupati Keerom, mendapat penghargaan atas komitmennya dalam memberikan perhatian kepada masyarakat kecil. Selain kerja sama dengan RSUD Dok 2 Jayapura, Pemkab Keerom juga akan menjalin kerja sama dengan rumah sakit lainnya, seperti RS Provita dan RS Dian Harapan.

Piter menjelaskan bahwa anggaran untuk kerja sama tersebut telah diakomodasi dalam APBD tahun ini, dan MoU akan segera disusun untuk menjalankan kerja sama tersebut. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Keerom yang tidak mampu.

Pendataan terhadap masyarakat yang sudah dan belum memiliki KTP juga akan dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) dan Dinas Kesehatan. Pendataan ini akan melibatkan semua masyarakat, termasuk Orang Asli Papua (OAP) dan non-OAP, sehingga program kerja sama dapat mencakup seluruh lapisan masyarakat.

Piter menekankan pentingnya memiliki konsep dan mekanisme yang jelas dalam melaksanakan kerja sama ini. Tujuannya adalah untuk menyelamatkan semua orang melalui pelayanan kesehatan yang memadai. Pelayanan kesehatan yang baik dan terjangkau merupakan hak setiap individu.

Dengan komitmen dan kerja sama ini, Pemkab Keerom berharap dapat meningkatkan aksesibilitas dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Pelayanan kesehatan yang terbaik menjadi prioritas utama dalam menjaga kesejahteraan dan kehidupan masyarakat Keerom.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024