Bawaslu Mengikutsertakan Tukang Ojek Dalam Pengawasan Pemilu

0
228

Timika, Malanesianews,– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mimika baru-baru ini mengadakan kegiatan sosialisasi yang menarik perhatian banyak orang. Kali ini, Bawaslu berkolaborasi dengan para pengemudi ojek se Kabupaten Mimika untuk meningkatkan pengawasan dalam Pemilu. Acara tersebut dilangsungkan di Hotel Horison Diana pada hari Sabtu (3/6).

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Mimika, Yonas Yanampa, mengajak semua pihak, termasuk para pengemudi ojek, untuk berpartisipasi aktif dalam mengawasi jalannya Pemilu. Ia menyadari bahwa wilayah Mimika yang luas dan kondisi geografis yang kompleks menjadi kendala dalam melakukan pengawasan yang menyeluruh. Oleh karena itu, Bawaslu melibatkan masyarakat dalam menjaga integritas dan transparansi Pemilu.

Para peserta sosialisasi mendapatkan materi dari Koordinator Divisi Pencegahan, Humas, dan Permas Bawaslu Mimika, Budiono Muchie, serta akademisi Alwi Renhoran. Mereka menjelaskan pentingnya pengawasan Pemilu pada setiap tahapannya, termasuk penetapan daftar pemilih. Budiono menegaskan bahwa hak pilih setiap warga negara harus terjamin dan dilindungi dengan baik.

Dalam upaya mengawasi Pemilu, partisipasi pengemudi ojek dianggap sangat berharga. Mereka dapat menjadi saksi mata yang aktif melaporkan pelanggaran atau kecurangan yang terjadi di sekitar mereka. Keterlibatan mereka juga memberikan dampak positif bagi kualitas Pemilu di Kabupaten Mimika.

Bawaslu Mimika berharap sosialisasi ini dapat memotivasi semua elemen masyarakat untuk ikut berperan serta dalam menjaga keberlangsungan demokrasi. Dengan adanya partisipasi aktif dari masyarakat, termasuk para pengemudi ojek, diharapkan Pemilu dapat berjalan dengan lebih adil, transparan, dan akuntabel.

Kegiatan ini juga menunjukkan betapa pentingnya kerjasama antara Bawaslu dengan berbagai pihak dalam menjaga integritas Pemilu. Semua pihak, baik lembaga pemerintah, masyarakat, maupun para pengemudi ojek, memiliki peran yang sama penting dalam mewujudkan proses Pemilu yang demokratis dan bermartabat.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here