Umumkan Hasil 20 Besar, Timsel KPU Minta Tanggapan Masyarakat

0
337

Jayapura, Malanesianews, – Tim Seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil 20 besar kepada masyarakat.

Hal itu tertuang dalam Berita Acara Tim Seleksi Nomor 014/TIMSELKK-GEL.7-BA/02/91/4/2023 tentang Penetapan Hasil Seleksi Tertulis dan Tes Psikologi Bakal Calon Anggota KPU Kabupaten Keerom, Mamberamo Raya, Kepulauan Yapen dan Supiori Provinsi Papua periode 2023 – 2028.

Setelah diumumkan, Ketua Timsel Frits Karubaba mengatakan, pihaknya meminta tanggapan masyarakat atas nama-nama yang lolos di 20 besar.

“Hasil 20 besar telah diumumkan, selanjutnya kami meminta tanggapan dari masyarakat untuk nama-nama yang lolos,” kata Frits kepada Malanesianews, Minggu (20/8/2023).

Menurut Frits, hal tanggapan dan masukan dari masyarakat sangat dibutuhkan agar menjadi bahan pertimbang Timsel.

“Proses seleksi ini dilakukan dengan sangat ketat dan seksama, karena bukan hanya berdasarkan penilaian yg menjadi acuan saja, tapi juga tanggapan dan masukkan dari berbagai pihak (masyarakat), menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan hasilnya secara arif dan bijaksana dengan prinsip yang demokratis,” ungkapnya.

Untuk menghasilakan Pemilu yang demokratis, menurut Frits, setiap prosesnya juga harus dilakukan secara demokratis.

Untuk itu, lanjut Frits, Timsel sangat terbuka terhadap tanggapan dan masukan dari masyarakat, sehingga bisa menghasilkan penyelenggara yang berintegritas, punya kapabilitas yang mumpuni, akhlak yang baik, kecakapan yang cukup dan berkomitmen dengan tugas dan tanggungjawab yang diemban.

“Bagi masyarakat yang ingin memberikan masukan dan tanggapan atas hasil 20 besar yang sudah diputuskan Timsel, dapat menggunakan ruang sanggahan atau tanggapan masyarakat, sesuai jadwal tahapan yg tertuang dalam SK KPU Nomor 1022 Tahun 2023. Dimana ruang sanggahan atau tanggapan masyarakat dibuka dari tanggal 19 Agustus 2023 sampai dengan 24 Agustus 2023, dan tanggapan atau sanggahan dimaksud, dialamatkan ke Grand Abe Hotel, Lantai 2, Ruang Yoka 1, atau bisa langsung ke hotel dimaksud,” jelasnya.

Ia menambahkan, adapun nama-nama bakal calon yang lulus Seleksi Tertulis dan Tes Psikologi, agar mengikuti tahapan selanjutnya yaitu, Tes Kesehatan dan Wawancara.

“Tes Kesehatan sesuai tahapan, dimulai dari tanggal 22 Agustus 2023 sampai dengan tanggal 26 Agustus 2023, dan Tes Wawancara dimulai dari tanggal 24 Agustus 2023 sampai dengan tanggal 28 Agustus 2023,” pungkasnya.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024