Tingkat Inflasi Di 5 Provinsi Indonesia Pertengahan 2022 Terpantau Tinggi

0
216

Jakarta, Malanesianews, – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan bahwa besaran tingkat inflasi di Indonesia telah melebihi batas sasaran pemerintah, Pemerintah memaparkan bahwa tingkat inflasi di Indonesia pada year-on-year Juli 2022 mencapai 4,94 persen.

“Masih lebih rendah dari negara lain, tapi melebihi batas atas sasaran 3 persen +/- 1 persen,” kata Perry dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022, dikutip dari YouTube BI, Kamis (18/8/2022).

Perry menjelaskan, melonjaknya tingkat Inflasi di Indonesia salah satunya karena tingginya inflasi kelompok pangan yang mencapai 11,47 persen. Mestinya, inflasi kelompok pangan tidak lebih dari 5 persen atau maksimal 6 persen.

“Tekanan bersumber terutama kenaikan komoditas global akibat berlanjutnya ketegangan geopolitik di sejumlah negara yang mengganggu mata rantai pasokan global dan juga mendorong sejumlah negara melakukan kebijakan proteksionisme pangan,” ungkap Perry.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa dunia saat ini sedang menghadapi situasi yang sulit. Hal tersebut dimula dengan adanya pandemi Covid-19 yang mewabah dan bahkan sampai saat ini masih ada negara yang angka kasus Covid-19 masih tinggi.

“Kemudian muncul perang, muncul krisis pangan, muncul krisis energi, muncul krisis keuangan, inilah yang saya bilang tadi keadaan yang sangat sulit,” ucap Jokowi dalam kesempatan yang sama.

Jokowi menegaskan pemerintah harus bekerja ekstra, dikarenakan kondisi yang tidak normal.

“Enggak bisa lagi kita bekerja rutinitas, enggak bisa kita bekerja hanya melihat makronya saja, enggak bisa. Enggak akan jalan percaya saya,” tegas dia.

5 provinsi dengan tingkat inflasi terbesar Jokowi menyebutkan bahwa inflasi adalah momok yang dirasakan oleh semua negara, terutama untuk Indonesia.

“Tolong ini dilihat secara detail yang menyebabkan ini apa. Agar bisa kita selesaikan bersama-sama dan bisa turun lagi di bawah 5, syukur bisa di bawah 3,” kata Jokowi.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa daerah yang angka inflasinya sudah berada di atas 5 persen.

Berikut adalah rinciannya:
Jambi: 8,55 persen
Sumatera Barat: 8,01 persen
Bangka Belitung: 7,77 persen
Riau: 7,04 persen
Aceh: 6,97 persen

 

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here