Tim Mabes Polri Lakukan Penelitian Kepuasan Pelayanan Publik di Polres Merauke

0
137

Merauke, Malanesia News,- Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Mabes Polri melaksanakan kegiatan penelitian di Polres Merauke terkait kepuasan pelayanan publik pada hari Rabu, 3 Mei 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap layanan Kepolisian bidang fungsi operasional dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri. Kegiatan ini dihadiri oleh Kombes Pol. Drs. Azis Saputra dan beberapa pejabat lain dari Mabes Polri serta pendamping dari Polda Papua.

Kapolres Merauke, AKBP Sandi Sultan, menjelaskan bahwa kegiatan penelitian ini menggunakan beberapa metode, seperti metode kuantitatif, metode kualitatif melalui diskusi, dan pengumpulan data sekunder tahun 2022 serta dokumentasi pendukung lainnya. Responden yang diundang sebanyak 10 orang dari 5 fungsi, yaitu satuan lantas, binmas, samapta, intel, dan reskrim dengan masing-masing fungsi menyediakan 2 responden.

Selain itu, Kepala bagian perencanaan, Kompol Anggelbertha Kaize, menambahkan bahwa kegiatan penelitian ini akan memberikan dampak yang positif bagi pelayanan publik di Polres Merauke. Dengan melakukan penelitian terhadap kepuasan masyarakat, Polri dapat mengetahui kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan. Polri juga dapat meningkatkan kualitas layanan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dan memberikan solusi atas masalah yang dihadapi masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Kombes Pol. Drs. Azis Saputra juga menyampaikan bahwa penelitian ini penting untuk mengukur kinerja Polri dan memastikan bahwa Polri memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Kinerja yang baik akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dan akan berdampak pada peningkatan keamanan dan ketertiban di daerah.

Selain itu, penelitian ini juga dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab Polri terhadap masyarakat. Dengan melakukan penelitian, Polri menunjukkan keseriusannya dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dan memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat. Polri juga akan terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang semakin baik dan terus meningkatkan kinerjanya.

Kegiatan penelitian kepuasan pelayanan publik di Polres Merauke ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi kepolisian di daerah lain untuk melaksanakan kegiatan serupa. Dengan melakukan penelitian secara berkala, Polri dapat memastikan bahwa pelayanan yang diberikan terus meningkat dan memberikan kepuasan kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dan Polri dapat memperoleh kepercayaan dari masyarakat yang semakin meningkat.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024