Semangat Kemerdekaan Meresap di Kepulauan Yapen: Bendera Merah Putih Berkibar dengan Toleransi

0
119

Kepulauan Yapen, Malanesianews, – Tepat pada tanggal 17 Agustus, Indonesia merayakan momen bersejarah, yakni HUT kemerdekaan yang ke-78. Namun, perayaan ini tidak hanya terjadi di pusat-pusat kota besar, melainkan juga merasuki sudut-sudut kecil negeri ini, seperti Kepulauan Yapen di Papua.

Dalam semarak peringatan ini, masyarakat Kepulauan Yapen memiliki cara unik untuk merayakannya. Salah satunya adalah dengan mengibarkan bendera merah putih, menghiasi langit sebagai simbol semangat kemerdekaan Republik Indonesia.

Tetapi, peringatan ini memiliki dimensi yang lebih dalam. Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kepulauan Yapen, Pdt. Marthen Waromi, mengajak kita untuk merenung. Ia berbicara tentang makna sebenarnya dari kemerdekaan, yakni menciptakan prestasi yang membanggakan bagi Indonesia dan juga menginspirasi dunia. Ia mengingatkan kita tentang pentingnya memelihara toleransi, mengedepankan nilai-nilai keberagaman dalam merayakan momen ini.

Namun, pesan dari Pdt. Marthen Waromi tidak berhenti di situ. Ia juga mengingatkan betapa pentingnya membangun iman dan takwa kepada Tuhan dalam perjalanan bangsa. Ia mengajak kita untuk menjaga kondusivitas di Kepulauan Yapen, agar semangat kemerdekaan tidak terkikis oleh isu-isu yang merusak persatuan.

Dalam tengah semangat ini, kita juga diingatkan akan peran penting aparat keamanan. Pdt. Marthen Waromi berharap agar perayaan HUT RI ini dapat berjalan dengan damai dan berharga. Dengan demikian, semangat kemerdekaan akan semakin diperkokoh, menginspirasi bukan hanya bangsa sendiri, melainkan juga dunia.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024