Seleksi CPNS KKP, Putra-Putri Asli Papua Dapat Kesempatan Lebih

0
563
Suasana Seleksi CPNS

Jakarta, Malanesianews, – Dalam seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Papua, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia memberikan kekhususan bagi orang asli Papua dalam proses seleksi tersebut.

Seleksi dilakukan secara bersama pada Senin (3/2), di Kabupaten Sorong yang diikuti 125 peserta CPNS KKP wilayah Papua dan Papua Barat.

“Seleksi CPNS pada Kementerian Kelautan dan Perikanan yang sedang berlangsung merupakan formasi 2019”  Ujar Suratno Kepala Bagian Jabatan Fungsional Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sorong.

Dia menjelaskan, formasi CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan 2019 untuk wilayah Papua dan Papua Barat ada formasi umum, ada pula formasi khusus bagi orang asli Papua namun dia tidak menyebut jumlahnya.

Menurut dia, formasi CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan khusus untuk putra-putri asli Papua tentunya standar penilaian berbeda dengan formasi umum karena merupakan kekhususan.

Tahapan seleksi dilakukan bertahap, yang pertama adalah pengumuman yang diumumkan melalui website Kementerian Kelautan Perikanan.

Kemudian dilakukan verifikasi berkas dilanjutkan dengan tes kompetensi dasar dan setelah lolos mengikuti tes kompetensi bidang.

Apabila peserta lolos tes kompetensi bidang maka dilanjutkan dengan tes psikologi dan selanjutnya seleksi terakhir adalah tes wawancara sesuai dengan peminatannya.

“Seleksi yang dilakukan hari ini adalah seleksi kompetensi dasar bagi 125 peserta yang lolos seleksi berkas. Seleksi akan dilakukan secara berjenjang hingga pengumuman hasil CPNS KKP pada Maret 2020,” tutup Suratno.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024