Sabtu 11 Maret 2023 lalu Pasar Sinakma Mulai Dibuka kembali Pasca Kerusuhan

0
186
Pasar Sinakma Kimball dibuka Sabtu (11/03) lalu

Wamena,Malanesianews,- Mulai Sabtu (11/03) kemarin Pasar Sinakma mulai dibuka Kembali,pasca kerusuhan . Sebelum membuka pasar, dilakukan bakar batu dan makan bersama di Pasar Sinakma, guna menandai sudah tidak ada permasalahan di wilayah itu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja , Perindustrian dan Perdagangan ( Disnakerindag) Dr. Lukas Kosay, SE, MSi menyampaikan , Pasar Sinakma harus dibuka Kembali agar masyarakat dapat melakukan aktivitas perdagangan di pasar Sinakma Kembali.

Menururtnya, pihaknya langsung turun ke Pasar Sinakma Bersama-sama dengan masyarakat agar aktivitas perekonomian di Pasar Sinakma bisa Kembali berjalan seperti semula, yang di tandai dengan bakar batu bersama, dan ini wajib dilakukan menurut budaya lokal untuk merangkul Kembali pedagang yang ada.

“Bakar batu ini dimaksud agar tidak terjadi keraguan yang terlalu Panjang untuk melakukan aktivitas ekonomi Kembali di pasar itu,  dan yang sangat penting pasar ini bisa hidup Kembali dan melakukan aktivitas jual-beli” Ujarnya

Di tempat yang sama , Plt Kabid Perdangan Disnakerindag Kabupaten Jayawijaya, Loadwik Mosip, S.Si menyampaikan , untuk Pasaar Sinakma Sebenarnya Pemerintah sudah mulai membuka 10 maret, namun secara budaya sari pasar harus menyerahkan Wam (Babi) kepada pengelola pasar supaya masyarakat pedagang dan mama-mama papua yang jual sayur ini harus berdoda dan melakukan ritual baka batu.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here