Resulfe Kabinet Jokowi, DPP PDI Perjuangan : Itu Hak Prerogatif Presiden

0
647

Jakarta, Malanesianews, – Sekertaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Perjuangan (Sekjen DPP PDI Perjuangan) Hasto Kristiyanto mengeluarkan Rilis Media yang berisi tentang sikap dari Partai PDI Perjuangan yang menggangap wajar jika Presiden Jokowi Menegur dan Marah terhadap para Menterinya bila dianggap belum maksimal dalam bekerja, Senin (29/6).

Rilis Tersebut menanggapi video rapat yang baru diunggah di akun YouTube Setpres pada 28 Juni. Dalam Video tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat kesal dan marah saat membuka rapat terbatas bersama para menteri kabinetnya.

Presiden Jokowi sudah menunjukkan kegusarannya saat baru mulai bicara. Dia mengatakan bahwa 3 bulan ke belakang hingga saat ini adalah masa krisis akibat pandemi corona. Namun, dia melihat masih ada anggota kabinet bekerja biasa-biasa saja.

Bahkan Presiden Jokowi sempat akan mengancam untuk meresuffle kabinetnya bila masalah ini terus berlanjut.

“Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle, sudah kepikiran ke mana-mana saya. Entah buat Perppu yang lebih penting lagi, kalau memang diperlukan,” tutur Jokowi.

Hasto dalam rilisnya mengungkapkan bahwa para Menteri harusnya memiliki Sense of Crisis, yaitu dapat berani mengambil tanggung jawab dengan kebijakan dan terobosan yang sifatnya untuk membantu rakyat, dan mengedepankan kepentingan yang berdampak luas bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Ada beberapa pihak yang cenderung mencari aman, dan tidak mengambil prakarsa, sehingga wajar jika Presiden sampai melakukan evaluasi terhadap kinerja para menteri” ungkap Hasto

Selain itu Hasto juga menyebutkan bahwa kebijakan untuk mereshuffle kabinet adalah menjadi hak prerogatif Presiden, dan juga sebagai instrumen yang dipakai untuk melakukan evaluasi atas kinerja para menteri.

Hasto juga mengatakan bahwa PDI Perjuangan berharap  apa yang telah disampaikan oleh Presiden, akan semakin memacu kinerja dan kekompakan seluruh jajaran kabinet, dan seluruh lembaga negara yang berkaitan dengan fungsi perekonomian negara untuk secepatnya mencari solusi komprehensif dan efektif di dalam memercepat gerak pertumbuhan perekonomian nasional.

“PDIP mendorong agar para menteri bekerja lebih keras ditengah masa pandemi Covid-19. Saat ini, para menteri harus kedepankan aksi bukan wacana. Kita menunggu aksi para menteri melalui berbagai program kerakyatan yang nyata dan berdampak luas bagi masyarakat” tambah Hasto

 

Berikut Ini adalah isi Rilis Media Versi lengkap yang di terbitkan  Senin, 29 Juni 2020 :

PDI Perjuangan: “Teguran Presiden Jokowi Wajar, Sense of Crisis Wajib Dimiliki Para Menteri”

Pandemi Covid-19 Menyentuh Hal Mendasar Kehidupan Rakyat, Kerja Keras dan Daya Terobosan Kebijakan Menteri Diperlukan

1). PDI Perjuangan menilai wajar atas marahnya Presiden Jokowi dan teguran yang diberikan kepada jajaran Kabinet Indonesia Maju. “Sejak awal Presiden Jokowi sudah mengingatkan seriusnya Covid-19 pada seluruh kehidupan rakyat. Karena itulah setiap jajaran kabinet seharusnya memiliki sense of crisis, berani mengambil tanggung jawab melalui kebijakan terobosan untuk membantu rakyat. Bahkan dengan keluarnya Perppu menunjukkan adanya hal ikhwal kegentingan yang memaksa”

2). Dalam hal ikhwal kegentingan memaksa yang berdampak luas bagi kehidupan berbangsa dan bernegara secara otomatis fungsi koordinasi, kerjasama antar kementrian, dan inisiatif kebijakan seharusnya dikedepankan. “Ada beberapa pihak yang cenderung mencari aman, dan tidak mengambil prakarsa, sehingga wajar jika Presiden sampai melakukan evaluasi terhadap kinerja para menteri”

3). Reshuffle kabinet selain menjadi hak prerogatif Presiden, juga sebagai instrumen yang dipakai untuk melakukan evaluasi atas kinerja menteri.

4). Apa yang disampaikan oleh Presiden, PDI Perjuangan berharap semakin memacu kinerja dan kekompakan seluruh jajaran kabinet, dan seluruh lembaga negara yang berkaitan dengan fungsi perekonomian negara untuk secepatnya mencari solusi komprehensif dan efektif di dalam memercepat gerak pertumbuhan perekonomian nasional.

5). PDIP mendorong agar para menteri bekerja lebih keras ditengah masa pandemi Covid-19. Saat ini, para menteri harus kedepankan aksi bukan wacana. Kita menunggu aksi para menteri melalui berbagai program kerakyatan yang nyata dan berdampak luas bagi masyarakat.

 

Hasto Kristiyanto

Sekjen DPP PDI Perjuangan

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024