Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Monas

0
172

Jakarta, Malanesianews,– Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni, upacara digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut hadir di lokasi untuk memimpin jalannya upacara tersebut. Kedatangan Jokowi ke Monas terlihat pada pukul 07.47 WIB, memakai pakaian adat yang khas.

Sebelumnya, sejumlah tokoh penting juga telah hadir di lokasi, seperti Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Megawati Soekarnoputri. Tidak hanya itu, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menparekraf Sandiaga Uno, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo juga ikut serta.

Sebelumnya telah diumumkan bahwa Presiden Jokowi akan menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila di Monas. Upacara tersebut dilangsungkan di Lapangan Selatan Monas, melibatkan lebih dari 4.000 orang termasuk pasukan upacara, tamu undangan, peserta upacara, petugas, dan panitia upacara. Selain itu, serentak di seluruh Indonesia, sekitar 553 kabupaten, kota, dan provinsi juga menyelenggarakan upacara serupa.

Dalam upacara tersebut, Komandan Upacara dijabat oleh Direktur Lalu Lintas Polda Daerah DIY, Kombes Alfian Nurrizal, sementara Arkamelvi Kamani ditunjuk sebagai Perwira Upacara Komando Garnisun Tetap (Kasko Gartap).

Tema yang diangkat pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’. Melalui tema ini, pesan penting disampaikan mengenai kolaborasi dan kerjasama dalam upaya membangun peradaban yang maju bagi masyarakat Indonesia serta berperan sebagai pusat pertumbuhan dunia.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here