Presiden Jokowi Perintahkan Tangani Dampak Cuaca Ekstrim Secepatnya

0
194

Kabupaten Puncak, Malanesianews, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran Kementerian dan lembaga terkait serta Pemerintah Daerah di Papua, untuk menangani dampak cuaca ekstrim di Papua Tengah secepat-cepatnya.

Hal tersebut disampaikan Jokowi terkait upaya penanganan cuaca ekstrim, yang menyebabkan gagal panen dan kelaparan di Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

“Saya sudah perintahkan pada Menko PMK, Menteri Sosial, BNPB dan juga di daerah, di Papua untuk segera menangani secepat-cepatnya,” kata Presiden Jokowi.

Presiden menekankan, persoalan yang terjadi adalah terkait daerah spesifik di Papua Tengah yang pada musim salju menyebabkan tanaman tidak dapat tumbuh.

“Problemnya, supaya tahu ya, itu ada daerah spesifik yang kalau di musim salju itu yang namanya tanaman tidak ada yang tumbuh, di ketinggian yang sangat tinggi, distrik itu,” jelasnya.

Permasalahan lainnya adalah terkait faktor keamanan dalam pendistribusian bantuan kepada masyarakat di sana. Menurut Presiden Jokowi, pilot pesawat tidak berani mendarat karena faktor keamanan.

“Sebab itu saya minta tadi TNI untuk membantu mengawal. Di sana memang problemnya selalu seperti itu, medannya yang sangat sulit, pesawat yang mau turun pilotnya nggak berani, sehingga problem itu yang terjadi,” tutur Presiden.

Untuk diketahui, cuaca ekstrem di Papua Tengah terjadi sejak Juni 2023 lalu. Dilaporkan saat ini sedikitnya enam orang meninggal dunia akibat cuaca ekstrem yang berakibat pada gagal panen dan kelaparan di sejumlah distrik, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here