Plh Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun Minta Peradi Kota Jayapura Mudahkan Akses Keadilan Bagi Warga

0
226

Jayapura, Malanesianews, – Pelaksana harian (Plh) Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun meminta Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Jayapura yang baru dilantik agar mempermudah akses keadilan bagi warga melalui pelayanan bantuan hukum gratis di Bumi Cenderawasih.

“Peradi sebagai organisasi profesi menjadi wadah berhimpun para pengacara yang memiliki peran penting dan strategis dalam proses penegakan hukum,” kata Ridwan usai pelantikan Peradi Kota Jayapura, Kamis (03/8/2023).

Sebagai organ negara, menurutnya, Peradi dalam menjalankan tugas profesi juga melaksanakan fungsi negara untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan.

“Karena tegaknya hukum dan keadilan untuk kepentingan masyarakat sangatlah penting, terutama pencari keadilan baik dalam maupun di luar pengadilan,” terangnya.

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Kota Jayapura, Anthony Raharusun berharap, dengan kepengurusan Peradi yang baru ini, pengacara harus bersih dan tidak tersentuh dengan masalah-masalah peradilan.

“Untuk itu kedepan kami akan segera membentuk dewan kehormatan dan pengawas daerah, sehingga jika ada laporan dari masyarakat dapat cepat ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Anthony mengatakan, pihaknya juga akan mempermudah akses keadilan bagi masyarakat setempat agar dapat mencegah terjadinya diskriminasi dalam memperoleh keadilan.

“Kami berharap dalam kepengurusan Peradi Kota Jayapura akan lebih terbuka dalam memberikan bantuan hukum kepada masyarakat, sehingga Peradi dapat berkembang serta terus memegang teguh bendera pataka,” harapnya.

Pelantikan Pengurus DPC Peradi Kota Jayapura masa bakti 2023-2027 oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi Suara Advokat Indonesia (SIA) Patra M. Zein, yang disaksikan oleh Plh Gubernur Papua Ridwan Rumasukun.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here