Pesan Pj. Bupati Sarmi Saat Menjadi Inspektur Upacara di Pembukaan TMMD

0
171

Sarmi, Malanesianews, – Penjabat Bupati Kabupaten Sarmi, Markus O Mansnembra menjadi inspektur upacara dalam pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-17 di Pulau Wakde, Distrik Pantai Timur Barat, Kabupaten Sarmi, Rabu (12/7/2023).

“TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang kita laksanakan ini merupakan program lintas sektor yang disusun dengan sistem bottom up planning,” kata Markus.

Menurutnya, satu diantara wujud TNI dalam unsur lainnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Peningkatan kesejahteraan tersebut bisa dibidang fisik maupun non fisik,” ujarnya.

Ia mengatakan, masyarakat khususnya di Kota Ombak harus menyadari bahwa TMMD belum sepenuhnya menjangkau ke seluruh kampung di Papua karena adanya keterbatasan anggaran, sasaran, dan prasarana.

“Walau demikian, seberat apapun kondisi yang dihadapi, TMMD bakal tetap dilaksanakan karena TNI bersama Pemda ingin meringankan beban masyarakat,” tuturnya.

Markus menambahkan, ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan.

“Ada pembangunan rumah masyarakat sebanyak 10 unit, pembangunan Paud, dan rehab rumah warga sebanyak 6 unit,” ungkapnya.

Selain pembangunan fisik, dalam TMMD juga dilakukan kegiatan non fisik seperti mengembalikan watak dan kepribadian bangsa dengan menanamkan semangat bela negara maupun nilai-nilai beragama.

“Pesan saya, dalam giat TMMD ini, tingkatkan kebersamaan antara Satgas TMMD dengan masyarakat,” tandasnya.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024