Peringati Bulan Bung Karno, RSM Bakal Gelar Dialog Kebangsaan Bersama Ketum DPP Geomaritim Indonesia

0
9

Tual, Malanesianews, – peringatan bulan Juni sebagai Bulan Bung Karno Tahun 2024, Relawan Songko Merah (RSM) menggelar acara Haul Bung Karno dan Dialog Kebangsaan bersama Ketua Umum DPP Gerakan Poros Maritim (GEOMARITIM) Indonesia, Dr. Baharudin Farawowan, S.H, M.H, CMLC dengan tema “Spirit Maritim Bung Karno”.

Kegiatan tersebut bakal dilaksanakan pada, Kamis (6/6/2024) di Bahari Fiditan Beach (BF Beach), Jl. Baldu Wahadat, Fiditan, Dullah Utara, Kota Tual, Provinsi Maluku.

“Pada dialog kali ini diisi langasung oleh Ketua Umum DPP Geomaritim Indonesia, Dr. Baharudin Farawowan yang juga sebagai Bakal Calon Walikota Tual periode 2024-2029,” kata Abdul Haris Nepe Koordinator RSM.

Menurut Ais, sapaan akrab Abdul Haris, pihaknya mengangkat tema maritim serta menghadirkan Ketua Umum DPP Geomaritim Indonesia karena melihat Kota Tual adalah daerah kepulauan yang kaya akan sumber daya laut.

Disamping itu, Ketua Umum DPP Geomaritim Indonesia Dr. Baharudin Farawowan, S.H, M.H, CMLC mengatakan, Kota Tual memiliki Kota Tual memiliki luas wilayah kurang lebih 19.342,39 Km dengan luas daratan 254,39 Km dan luas perairan mencapai 19.088 Km.

“98 persen wilayah Kota Tual adalah laut,” terang Farawowan.

Bung Karno, lanjut Bahar, pernah berpesan bahwa kita bersama-sama mengusahakan agar menjadi bangsa pelaut kembali. Bangsa pelaut yang seluas-luasnya dalam arti kata Cakrawati Samudera. Bangsa pelaut yang memiliki armada niaga dan armada militer, bukan jongos kapal.

“Bangsa pelaut yang dimaksud Bung Karno yaitu bangsa pelaut yang kesibukannya dilaut menandingi gelombang laut,” paparnya.

Ia menambahkan, spirit maritim Bung Karno itulah yang seharusnya dikembangkan di Kota Tual sebagai wilayah yang berbasis kepulauan.

“Kota Tual kedepan harus menjadi Kota Maritim yang menjadikan laut sebagai masa depan agar tidak ada lagi kemiskinan sepanjang garis pantai di atas launya yang kaya,” tegas Farawowan.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here