Penurunan Jumlah Pencari Kerja di Kota Jayapura Didorong oleh Pemekaran Daerah Otonomi Baru

0
202

Jayapura, Malanesianews – Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa, mengumumkan bahwa jumlah pencari kerja di kota tersebut telah mengalami penurunan. Data terbaru pada bulan Juli 2023 menunjukkan bahwa terdapat sekitar 5.500 pencari kerja, yang menurun tajam dari angka sebelumnya yang mencapai 10.523 tenaga pencari kerja.

Djoni Naa menyebutkan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan penurunan jumlah pencari kerja di Kota Jayapura adalah adanya pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) di Tanah Papua. Seiring dengan pemekaran tersebut, terbentuklah tiga provinsi baru, sehingga terdapat kemungkinan besar adanya perekrutan tenaga kerja yang signifikan di ketiga DOB tersebut.

“Pemekaran tiga provinsi baru di Tanah Papua telah menyebabkan permintaan tenaga kerja untuk PNS, tenaga kontrak, dan honorer meningkat di daerah-daerah baru tersebut. Akibatnya, tenaga kerja yang sebelumnya banyak berada di Kota Jayapura, kini mulai menyebar ke DOB ini,” jelas Djoni Naa.

Meskipun terjadi penurunan jumlah pencari kerja, Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura tetap berupaya memberikan dukungan dan pelatihan kepada calon tenaga kerja baru. Djoni Naa menyebut bahwa pelatihan-pelatihan dilakukan sesuai dengan permintaan pasar, dengan fokus pada pelatihan berbasis kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan di pasar kerja.

Beberapa keterampilan yang diberikan pelatihan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura antara lain keterampilan barbershop, tata rias kecantikan, keamanan, dan mengemudi.

“Pelatihan ini kami berikan sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pasar kerja. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi calon tenaga kerja sehingga mereka siap untuk menghadapi tantangan dan persaingan di dunia kerja,” tambahnya.

Dengan upaya pelatihan dan dukungan dari Dinas Tenaga Kerja, diharapkan calon tenaga kerja di Kota Jayapura dapat memiliki keterampilan yang relevan dengan permintaan pasar, sehingga mereka memiliki kesempatan lebih baik untuk memperoleh pekerjaan yang layak dan berkontribusi dalam pembangunan daerah.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024