Penjabat Wali Kota Jayapura Mendorong Kesadaran Hidup Sehat dan Mengurangi Kebiasaan Merokok

0
308

Jayapura, Malanesianews,– Frans Pakey, Penjabat Wali Kota Jayapura, memperhatikan pentingnya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan bahaya merokok. Dalam upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat, ia mengajak masyarakat untuk mengurangi kebiasaan merokok dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya hidup sehat.

Frans Pakey menegaskan bahwa merokok memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan individu dan juga berdampak pada lingkungan sekitarnya. Asap rokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif, tetapi juga bagi orang-orang di sekitarnya yang tidak secara langsung terlibat dalam kegiatan merokok. Hal ini menyebabkan risiko kesehatan yang tinggi dan berpotensi mengancam kualitas hidup masyarakat.

Dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Frans Pakey mengangkat tema “Kita Butuh Makan, Bukan Rokok” sebagai upaya untuk mengubah paradigma masyarakat terkait kebutuhan primer dan pentingnya hidup sehat. Ia mengajak masyarakat untuk memprioritaskan pengeluaran mereka untuk kebutuhan makanan yang sehat dan bergizi, daripada menghabiskan uang untuk membeli rokok.

Frans Pakey juga menggarisbawahi bahwa merokok tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan, tetapi juga ekonomi masyarakat. Ia mengungkapkan keprihatinannya terhadap fakta bahwa banyak perokok aktif yang mengalokasikan sebagian besar pendapatannya untuk membeli rokok daripada memenuhi kebutuhan dasar mereka. Hal ini dapat mengakibatkan ketidakseimbangan ekonomi dalam keluarga, terutama bagi keluarga dengan keterbatasan finansial.

Selain itu, Frans Pakey juga mengingatkan akan pentingnya kesadaran terhadap peningkatan penyakit tidak menular yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, termasuk kebiasaan merokok. Ia menyoroti fakta bahwa merokok sering dimulai pada usia sekolah, termasuk di antara perempuan, dan perlu adanya tindakan preventif untuk mengurangi jumlah perokok muda.

Frans Pakey tidak melarang orang untuk merokok, tetapi ia menghimbau agar merokok dilakukan pada tempat yang telah ditentukan sesuai dengan peraturan daerah Kota Jayapura. Hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan tanpa asap rokok dan melindungi kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Penjabat Wali Kota Jayapura juga mengajak masyarakat untuk menggerakkan program hidup sehat dan menjaga kesadaran terhadap kesehatan diri dan keluarga. Ia memandang pentingnya peran keluarga dalam membentuk pola pikir dan gaya hidup sehat sehingga dapat membangun masyarakat yang lebih sehat dan berkualitas.

Melalui langkah-langkah ini, Frans Pakey berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya merokok dan mendorong perubahan positif dalam gaya hidup mereka. Dengan demikian, diharapkan tercipta lingkungan yang lebih sehat, masyarakat yang lebih produktif, dan peningkatan kualitas hidup di Kota Jayapura.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here