Pengembangan Potensi Wisata Alam di Distrik Sentani Timur sebagai Respons Inisiatif Penjabat Bupati Jayapura

0
176

Jayapura, Malanesianews,– Distrik Sentani Timur di Kabupaten Jayapura siap mengembangkan potensi wisata alam sebagai tindak lanjut dari perintah Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, yang mendorong pengembangan sektor pariwisata. Kepala Distrik Sentani Timur, Eslie Suangburaro, mengungkapkan hal ini pada Kamis (8/6/2023) di Sentani.

Eslie Suangburaro menjelaskan bahwa wilayah yang dipimpinnya memiliki banyak potensi wisata yang siap dikembangkan. Beberapa spot yang menjadi fokus pengembangan antara lain Bukit Heaven di Kampung Nendali, kerajinan tangan di Kampung Asei Besar, pulau Hosena di Kampung Ayapo, dan masih banyak lagi. Keberadaan potensi ini akan ditinjau dan ditentukan langkah-langkah pengembangannya.

Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, memberikan perintah ini dengan tujuan yang sangat baik dan positif. Selain memberdayakan masyarakat, pengembangan pariwisata juga akan mendorong perekonomian di kampung-kampung tersebut.

“Sebagai Kepala Distrik, kami harus berinovasi dalam mengembangkan potensi wisata yang ada dan juga membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita,” ujar Eslie.

Sebelumnya, Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, telah meminta pengembangan potensi wisata di seluruh distrik Kabupaten Jayapura. Ia melihat bahwa Bumi Kenambai-Umbai memiliki potensi alam yang indah dan luar biasa, namun belum dimanfaatkan secara maksimal.

Oleh karena itu, Triwarno fokus untuk mengembangkan sektor pariwisata dan memerintahkan kepala distrik untuk mengembangkan lokasi wisata di masing-masing wilayah. Ia juga menyatakan bahwa ada hadiah bagi distrik yang berhasil dalam penataan pariwisata. Alasan lain untuk melakukan hal tersebut adalah kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, yang dijadwalkan pada 15 Juli 2023 ke Kabupaten Jayapura.

“Dalam waktu yang ada, mari kita manfaatkan dengan baik agar saat beliau datang, terdapat spot wisata yang dapat kita tampilkan,” tambahnya.

Sebagai pemimpin di Bumi Kenambai-Umbai, Triwarno berharap adanya dukungan dari semua pihak dalam pengelolaan potensi wisata ke depannya. Dengan kerjasama yang solid, diharapkan pengembangan pariwisata dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi Kabupaten Jayapura.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here