Penetapan APBD Tahun 2023 di Kabupaten Kepulauan Yapen: Mewujudkan Stabilitas Keuangan dan Kemajuan Pembangunan

0
561

Kepulauan Yapen, Malanesianews,– Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua – Berakhirlah polemik yang sebelumnya terjadi terkait penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 di Kabupaten Kepulauan Yapen. Kabar baik ini disampaikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Yapen, Yohanes G Raubaba pada hari Rabu (21/6/2023).

Yohanes Raubaba menyatakan bahwa semua pihak telah mencapai kesepakatan mengenai penetapan APBD tahun 2023. Setelah melalui serangkaian rapat dan diskusi, perbedaan pendapat yang sebelumnya ada berhasil diselesaikan dengan baik.

Penetapan APBD Kabupaten Kepulauan Yapen dilakukan tepat pada tanggal 12 Januari 2023. Tindakan ini sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 yang mengatur tentang pengelolaan keuangan daerah. Selain itu, penyusunan APBD tersebut telah mengikuti pedoman teknis yang tertera dalam Permendagri Nomor 77 tahun 2020 dan Permendagri Nomor 84 Tahun 2022. Dengan demikian, Kabupaten Kepulauan Yapen telah memastikan bahwa semua proses keuangan berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehingga program-program pembangunan dapat segera dilaksanakan.

Yohanes Raubaba menegaskan bahwa tidak ada lagi dinamika yang mengganggu penetapan APBD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Yapen. Ia dengan tegas membantah adanya hambatan yang mempengaruhi proses tersebut. Sebaliknya, DPRD terus berkomitmen untuk bekerja menuju kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Yapen.

Selain itu, Yohanes Raubaba juga menyampaikan pentingnya partisipasi aktif dari masyarakat dalam menjaga kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Jayapura. Ia mengajak masyarakat untuk melaporkan segala hal yang berpotensi menghambat pelaksanaan Pemilu, sehingga langkah-langkah penyelesaian dapat segera dilakukan.

Dengan tercapainya kesepakatan ini, diharapkan Kabupaten Kepulauan Yapen dapat melanjutkan pembangunan dengan stabilitas keuangan yang kuat. Keputusan yang diambil oleh DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen akan menjadi pijakan untuk memajukan pembangunan di wilayah ini dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here