Penerbangan Kargo Merauke – Oksibil Resmi Beroperasi mulai 1 April 2023

0
266
Ilustrasi : TwinOtter DHC-6 Trigana Air – Transbuana.com

Bali, Malanesia news, – Penerbangan perintis angkutan udara kargo untuk Koordinator Wilayah (Korwil) Oksibil resmi mulai beroperasi pada hari ini, Sabtu (1/4/2023).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan M. Kristi Endah Murni memaparkan penerbangan perintis kargo ini akan dilayani oleh operator penerbangan PT Trigana Air Service dan PT Nasional Global Aviasi.

Secara Rinci, PT Trigana Air Service akan melayani rute Penerbangan Merauke – Oksibil dan PT Nasional Global Aviasi akan melayani Rute penerbangan oksibil ke 10 Distrik yaitu Teraplu, Okbibab, Borme, Diphikin, Waieme (Tauban), Kawor, Aboy, Tinibil, Bime dan Batom

Kristi menjelaskan, penerbangan perintis kargo ini awalnya akan dimulai pada minggu ke-4 Maret 2023. Namun, karena bertepatan dengan jadwal maintenance pesawat, maka baru bisa dioperasikan awal April.

“Untuk memenuhi target realisasi frekuensi penerbangan, maka jadwal yang semula 2 kali dalam seminggu menjadi 4 kali dalam seminggu, khusus untuk rute penerbangan Merauke – Oksibil,” jelas Kristi dalam keterangan resminya, Sabtu (1/4/2023).

Selanjutnya Kristi berharap dari Kontrak Kerja yang telah disepekati pada akhir desember 2022 lalu, Operator penerbangan dapat melaksanakan Program Penerbangan Angkutan Udara Perintis dan juga ia mengatakan bahwa Penerbangan perintis kargo ini juga sudah di tunggu oleh masyarakat karena sangat membantu distribusi baranag- barang di Korwil Oksibil.

Selanjutnya, dari adanya Penerbangan Perintis Kargo ini dapat membantu penurunan disparatis harga serta pemertaan pemabangunan dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Kristi, menjalankan program angkutan udara perintis memiliki sejumlah tantangan, seperti masih terbatasnya sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi khusus di daerah pegunungan, terbatasnya jumlah pesawat, kondisi keamanan dan teknis bandara, serta faktor alam seperti cuaca buruk dan bencana alam. “Tantangan akan selalu ada, namun berkat kolaborasi dan sinergitas bersama Kementerian/Lembaga terkait, serta dukungan Pemerintah Daerah dan pihak keamanan TNI/Polri, operasional penerbangan angkutan udara perintis dapat berjalan,” pungkasnya. (**)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024