Peneliti Ungkap Inti Bumi Bawah Laut Indonesia Tumbuh Miring Pada Satu Sisi

0
634
Ilustrasi Inti Bumi

Jakarta, Malanesianews, – Peneliti Seismolog Unversity of California Berkeley mengungkapkan bahwa Inti Bumi di bawah laut miring dan “tumbuh” lebih cepat pada satu sisinya.

Inti bumi miring juga ditemukan di bawah laut di Indonesia. Para ahli mengatakan hal itu terjadi akibat inti bumi kehilangan panas lebih cepat dari pada yang berada di wilayah Brasil.

Dikutip The Independent, peneliti menjelaskan inti besi padat bumi tumbuh lebih cepat di bawah Laut Banda, Indonesia. Dijelaskannya semakin cepat pendinginan pada inti besi bumi maka semakin cepat kristalisasi besi terjadi, yang mengakibatkan semakin cepat pertumbuhan inti besi padat bumi.

Para peneliti masih mencari penyebab mengapa inti besi berkembang secara tidak teratur di inti bagian dalam, namun mereka memprediksi bisa diungkap melalui lapisan luar bumi.

Inti bumi berada sekitar 3.000 kilometer di bawah permukaan bumi. Bagian ini berbentuk seperti bola dan mengandung besi dan nikel seperti ditulis dalam hipotesis.

Di atas inti bumi terdapat mantel yang terdiri dari mantel dalam sedalam 300-2.890 kilometer, dan mantel luar 10-300 kilometer. Lalu lapisan paling luar adalah kerak bumi.

Berdasarkan penelitian, Bumi dilaporkan memiliki inti dalam yang padat, yang telah mengkristal lebih dari 500 juta tahun.

Kristalisasi itu melepaskan panas untuk menjaga inti luar tetap bagus dan cair. Hal itu dianggap baik untuk manusia karena gerakan inti luar menghasilkan medan magnet yang melindungi makhluk hidup di Bumi.

 

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024