Pemkab Supiori Buka Sekolah SMP Negeri di Pulau Terlur dan Terdepan Kampung Moesbepondi

0
118

Supiori, Malanesianews, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Supiori, Papua melalui Dinas Pendidikan pada tahun ajaran 2023-2024 membuka Sekolah Menengah Pertama (SPM) Negeri di pulau terluar dan terdepan Kampung Meosbepondi.

“Sekolah SMP baru yang dibuka Dinas Pendidikan dalam rangka mendekatkan akses layanan pendidikan kepada anak-anak,” kata Kadis Pendidikan Supiori, Rafles Ngilamele, Jum’at (11/8/2023).

Rafles mengatakan, untuk siswa baru yang melanjutkan ke SMP Negeri Meosbenpondi sebantak 22 siswa.

Menurutnya, keberadaan sekolah SMP ini dapat menjamin hak pendidikan anak-anak di Kabupaten Supiori sesuai dengan tujuan dioperasikannya sekolah tersebut.

Ia menambahkan, jajaran Pemkab Supiori akan memberikan perhatian serius terhadap peningkatan SDM Orang Asli Papua (OAP).

Terutama di era Otsus Papua, lanjutnya, pendidikan manjadi hal utama program prioritas Pemkab Supiori untuk menyiapkan generasi emas Supiori yang pintar, sehat dan cerdas.

“Khususnya lahi bagi anak putra daerah OAP di daerah pulau terluar dan terdepan di Kampung Meosbepondi dan Kampung Pulau Mapia,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya sekolah baru tersebut dapat membantu meringankan beban orang tua melanjutkan pendidikan anaknya.

Untuk diketahui, hingga tahun ajaran 2023-2024 jumlah sekolah di Kabupaten Supiori, PAUD sebanyak 40, SMP 13, SMA/SMK 8 dan SD 40 sekolah.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024