Pemkab Biak Numfor: UMKM Banyak Serap Tenaga Kerja Lokal

0
180

Biak Numfor, Malanesianews,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor menyebut, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah benyak menyerap tenaga kerja lokal.

“Pemkab Biak Numfor terus berupaya dengan berbagai kebijakan program pemberdayaan ekonomi menaikkan status pelaku usaha menjadi pengusaha kecil hingga menengah supaya lebih banyak merekrut tenaga kerja lokal,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Biak Numfor, Yubelius Usior.

Yibelius mengakui, serapan tenaga kerja lokal dilakukan pelaku UMKM di Biak Numfor sangat membantu pemerintah dalam mengatasi ketersediaan lapangan kerja untuk penduduk lokal.

“Jika suatu pelaku usaha menyerap satu atau dua tenaga kerja maka bisa mengatasi pengangguran,” ucap Yubelius.

Ia mengajak para pelaku UMKM di Kabupaten Biak Numfor agar meningkatkan mutu produk usahanya.

Dengan ditingkatkannya mutu, maka pelaku UMKM bisa mendapat akses perbankan yang lebih luas untuk mengembangkan usahanya, salah satunya dengan memiliki nomor induk berusaha (NIB).

“Pemkab Biak Numfor lewat dinas Perindag dan dinas Koperasi UMK terus melakukan pendampingan dan pembinaan pelaku usaha,” terangnya.

Menurut Yubelius, Disperindag Biak sedang mendorong digitalisasi UMKM dengan pemasaran online.

“Saat ini sudah lebih dari ratusan pelaku UMKM menjual produknya lewat platform penjualan online,” ungkap Yubelius.

Berdasarkan data, di Biak Numfor hingga akhir tahun 2022 terdapat 5.500 pelaku UMKM yang beroperasi dengan berbagai macam jenis usaha.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024