Pemerintah Targetkan Jumlah Wisman Yang Datang Capai 3 Juta Turis

0
214

Jakarta, Malanesianews, – Pemerintah Melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan, jumlah jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang mendatangi Indonesia di tahun 2022 bisa mencapai 3 juta turis.

“Kami memperkirakan sekitar 2 juta hingga 3 juta wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia di tahun ini,” kata Sandi dalam Casual Talks on Digital Payment Innovatino of Banking dalam rangkaian Presidensi Indonesia G20, Senin (14/2).

Seperti yang kita ketahui, jumlah kunjungan wisman selama periode Covid-19 ini menyusut signifikan. Ini juga tak lepas dari pembatasan mobilitas baik di luar negeri maupun di Indonesia.  Pada tahun 2020, jumlah kunjungan wisman menurun menjadi 4,05 juta kunjungan. Padahal, pada tahun 2019 jumlah kunjungan berhasil mencapai 16,11 juta kunjungan.

Sedangkan pada tahun 2021, jumlah kunjungan wisman tercatat sebesar 1,56 juta kunjungan atau bahkan kembali menurun 61,57% yoy dari tahun 2020.

Sandi kemudian melanjutkan, seiring makin optimistisnya prospek pariwisata di tanah air, pemerintah akan memberikan kemudahan bagi para pelancong. Salah satunya, dengan memperkuat sistem pembayaran digital.

Digitalisasi sistem pembayaran ini digadang mampu mempermudah wisatawan mancanegara yang ingin melakukan konsumsi di tanah air.