Keluarkan Abu Panas Erupsi, Gunung Anak Krakatau Kini Berada Di level Waspada

0
353

Jakarta, Malanesianews, – Berdasarkan data magma Indonesia Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pagi ini, Sabtu (5/2/2022), erupsi Anak Krakatau sudah terjadi sebanyak 3 kali, yakni pada pukul 03.54 WIB, 05.32 WIB, dan 10.41 WIB.

Gunung Anak Krakatau diketahui aktif belakangan ini mengeluarkan abu panas erupsi.

Pada pukul 10.41 WIB, erupsi Gunung Anak Krakatau terjadi dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 1.000 meter di atas puncak atau sekitar 1.175 meter di atas permukaan laut.

Fahrul Roji A.Md dari Magma Indonesia menyampaikan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah tenggara. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 58 mm dan durasi 61 detik. Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMGBG) mencatat, hingga kemarin, Jumat (4/2/2022), gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut.

Gunung Anak Krakatau kembali mengalami erupsi dan tercatat sudah terjadi 4 kali erupsi pada Jumat, 4 Februari 2022, sejak pagi hingga sore hari.

Sementara itu, diketahui ada beberapa gempa yang berkaitan dengan aktivitas magma yang terjadi. Di antaranya yakni 2 kali gempa harmonik, 1 kali gempa Low Frequency, 2 kali gempa Vulkanik Dangkal, 3 kali gempa Vulkanik Dalam, Tremor menerus dengan amplitudo 1-10 mm, dominan 5 mm. Untuk itu, masyarakat diminta tidak panik, tetapi tetap meningkatkan upaya mitigasi risiko bencana dari sekarang.  Sebagai informasi, Gunung Anak Krakatau saat ini statusnya berada di level Waspada.

“Masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah (Gunung Anak Krakatau) dalam radius 2 kilometer dari kawah,” tegasnya.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here