Pemerintah Kabupaten Mappi Berikan Pelayanan Kesehatan Mata Gratis, Ratusan Warga Menyambut Antusiasme

0
214

Mappi, Malanesianews ,- Pemerintah Kabupaten Mappi bekerja sama dengan Rumah Sakit Dian Harapan Jayapura dan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (Perdami) Papua menyelenggarakan pelayanan kesehatan mata berupa operasi katarak dan Pterigium gratis bagi masyarakat di Kabupaten Mappi. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 25 Maret hingga 31 Maret 2023 dilaksanakan di RSUD Kabupaten Mappi. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menyambut perayaan Paskah dan Bulan Suci Ramadhan tahun 2023.

Penjabat Bupati Mappi, Michael Gomar, secara simbolis membuka kegiatan tersebut pada tanggal 27 Maret 2023. Menurut Pj Bupati, prevalensi penyakit mata di Kabupaten Mappi cukup tinggi, terutama pada orang yang berusia di atas 50 tahun. Oleh karena itu, kegiatan ini diadakan sebagai upaya dalam memberikan pelayanan kesehatan mata bagi masyarakat Kabupaten Mappi.

Meskipun kegiatan tersebut telah berlangsung sejak tanggal 25 Maret, Pj Bupati tetap memberikan informasi bahwa kurang lebih 600 orang terdaftar dan 200 orang lebih telah melakukan screening oleh tim dokter untuk operasi mata. Namun, masih ada masyarakat yang belum siap untuk melakukan operasi setelah dilakukan screening oleh tim dokter.

Kegiatan pelayanan kesehatan mata ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara khusus untuk tahun 2023 dan baru dilakukan kembali sejak tahun 2016 lalu. Pj Bupati berharap bahwa kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan setiap tahunnya agar masyarakat Kabupaten Mappi yang belum pernah melakukan operasi mata bisa menjadi contoh bagi yang lain dan tidak ragu untuk melakukan operasi. Kendala yang dihadapi adalah minimnya peralatan dan tidak adanya dokter spesialis mata di Kabupaten Mappi. Namun, Pj Bupati berharap Perdami Papua dapat mengirimkan satu atau dua orang dokter spesialis mata ke Kabupaten Mappi dalam satu atau dua bulan ke depan. ( agngrdyndr )

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here