PDI Perjuangan Minta Partai Pengusung di dahulukan dalam Kabinet, Gerindra Minta Jatah Tiga Menteri

0
488

JAKARTA, Malanesia.News – Meskipun PDI Perjuangan menang dengan kekuatan 60,7 di DPR persen  tidak menerapkan politik bumi hangus seperti 2014 sehingga kemungkinan Gerindra, Demokrat, PAN, PKS itu mendapat tempat di dalam susunan alat kelengkapan Dewan.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyouno menyampaikan, partainya meminta tiga posisi menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf mendatang. Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani pun mengakui adanya pembicaraan antara utusan Partai Gerindra dan Presiden Jokowi terkait tawaran posisi menteri dalam pemerintahan periode 2019-2024. “Pembicaraan itu memang ada. Kita tidak bisa mungkiri bahwa ada pembicaraan, ada pemikiran di sekitar Istana untuk itu,” ujar Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meminta Presiden Joko Widodo mendahulukan partai pengusung dalam menyusun kabinet periode 2019-2024. Hal itu disampaikan Hasto menanggapi wacana Gerindra yang menyiapkan nama calon menteri di kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Dalam hal yang ideal tentu saja apa yang terjadi dalam koalisi sebelum presiden itu sebangun dengan pembentukan kabinet sehingga skala prioritas Pak Jokowi mengedepankan terlebih dahulu para menteri, terutama yang berasal dari unsur kepartaian Koalisi Indonesia Kerja,” ujar Hasto saat ditemui di Pondok Pesantren Luhur Al Tsaqofah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).

Ia meyakini, Jokowi memahami skala prioritas itu dan akan menerapkannya dalam menyusun kabinet di periode kedua. Hasto menambahkan, PDI-P dan partai koalisi pengusung Jokowi-Ma’ruf telah membuka ruang kerja sama dengan Gerindra dalam menyusun struktur pimpinan parlemen dan alat kelengkapan dewan di dalamnya. Karena itu, ia berharap Gerindra dapat memahami hal tersebut dan tetap melanjutkan kerja sama di parlemen.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024