Pangkalan TNI Angkatan Laut Sarmi Resmi Diresmikan di Kabupaten Sarmi, Papua

0
242

Sarmi, Malanesianews,– Pemerintah Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua, menegaskan komitmennya dalam meningkatkan keamanan dan pengawasan di wilayah perairan. Hal ini ditandai dengan diresmikannya Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sarmi oleh Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, pada Rabu (21/6/23). Lanal Sarmi merupakan peningkatan dari Pos Angkatan Laut (Posal) sebelumnya.

Peresmian Lanal Sarmi dilakukan di Mako Lanal Sarmi, yang terletak di Kampung Ebram, Distrik Muara Tor, Kabupaten Sarmi. Pangkoarmada III hadir dalam acara tersebut bersama dengan Pj. Bupati Sarmi Markus O. Mansembra, Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, dan Ketua Daerah Jalasenastri Armada III, Ny. Insani R Jayadi.

Dalam sambutannya, Pangkoarmada III menekankan pentingnya wilayah perairan Sarmi yang memiliki posisi strategis. Wilayah ini berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik dan sering dilintasi oleh kapal-kapal, baik lokal maupun internasional. Oleh karena itu, pengawasan yang ketat diperlukan untuk melawan kegiatan ilegal seperti illegal logging, illegal fishing, dan pencurian sumber daya alam laut.

Kabupaten Sarmi juga memiliki potensi perikanan dan sumber daya kelautan yang tinggi, namun kerawanan terhadap pencurian dan ancaman keamanan di laut juga cukup signifikan. Untuk itu, masyarakat dan pemerintah setempat mendukung kehadiran TNI Angkatan Laut di wilayah Kabupaten Sarmi. Peningkatan dari Posal menjadi Lanal menjadi langkah penting dalam memperkuat pertahanan laut di wilayah Indonesia Timur.

Pangkoarmada III menjelaskan bahwa peningkatan ini sesuai dengan Peraturan Kasal No 05 Tahun 2021 tanggal 19 Februari 2021. Lanal Sarmi berada di bawah kendali Lantamal X Jayapura.

Setelah peresmian Lanal Sarmi, terdapat serangkaian acara yang menghibur. Para Motor TNI-Polri dan pecinta olahraga Dirgantara menampilkan atraksi dan demonstrasi yang menarik. Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) X Jayapura Pasmar 3 juga memperlihatkan kolone senapan yang gagah. Tarian adat yang dibawakan oleh gabungan prajurit Lantamal X juga memberikan nuansa budaya dalam acara tersebut.

Tak hanya itu, Pangkoarmada III juga melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan penyerahan bahan kontak kepada masyarakat setempat. Hal ini menjadi bukti nyata komitmen TNI Angkatan Laut dalam membantu meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan masyarakat di sekitar Lanal Sarmi.

Acara peresmian Lanal Sarmi turut dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Sarmi, Pejabat Utama Danlantamal X, dan pengurus Korcab X DJA III. Dengan adanya Lanal Sarmi, diharapkan keamanan dan pengawasan di wilayah perairan Kabupaten Sarmi dapat lebih ditingkatkan untuk mewujudkan stabilitas dan kedaulatan laut yang lebih baik.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024