Menteri Luhut Ungkap Indonesia Dapat Bantuan Medis Dan Vaksin Covid-19 Dari Pemerintah China

0
353

Jakarta, Malanesianews, – Semakin tingginya tingkat penyebaran virus Corona di Indonesia, kini Indonesia mendapat bantuan medis dan vaksin Covid-19 dari pemerintah China senilai 7,8 juta dollar AS.

Bantuan itu pun diterima oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara Indonesia-China ‘Two Countries Twin Parks’ Global Investment Promotion Conference yang berlangsung virtual, Kamis (15/7/2021).

“Melalui Sekretariat Mekanisme Dialog Tingkat Tinggi, pemerintah China akan mengirimkan 50 juta RMB (7,8 juta dollar AS) bantuan medis dan vaksin ke Indonesia,” ujar Luhut seperti dikutip dalam keterangan resminya.

Tak hanya itu, pemerintah Provinsi Fujian juga pada pertemuan itu menyatakan akan memberikan bantuan ke Indonesia dengan total nilai sekitar 3 juta RMB atau sebesar 465.000 dollar AS. Adapun saat ini peralatan medis yang dibutuhkan Indonesia untuk mendapatkan bantuan yakni oksigen cair, ISO Tank, silinder regulator oksigen, konsentrator oksigen, generator oksigen, serta obat anti virus untuk pengobatan Covid-19.

Luhut mengatakan, mewakili pemerintah dan masyarakat Indonesia, dirinya menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah China yang terus memberikan dukungan untuk membantu mengatasi pandemi di Indonesia. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

“Saya percaya dukungan yang disampaikan pada hari ini dapat berkontribusi pada peningkatan hubungan Indonesia-China ke tingkat yang lebih tinggi lagi,” imbuhnya.

Menurut Luhut, pemerintah Indonesia dan China sejak awal pandemi telah berjuang bersama mengatasi Covid-19. Hal itu salah satunya dilakukan dengan China telah mengamankan suplai vaksin untuk Indonesia.

“President Xi Jinping and  State Councilor Wang Yi telah mengamankan suplai vaksin COVID-19 untuk Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai Pusat Produksi Vaksin Regional,” kata Luhut.

Pada kesempatan itu, ia juga menyatakan, bahwa pemerintah Indonesia akan tetap memastikan iklim investasi dan bisnis yang kondusif. Khususnya dalam investasi di kawasan industri ‘Two Countries Twin Park’, karena kesuksesan program itu merupakan tujuan yang ingin dicapai kedua negara.

“Sebagai mitra yang setara, kami juga ingin meyakinkan kembali kepada anda bahwa kami masih memberikan kesempatan untuk berinvestasi di Indonesia, khususnya di kawasan industri ‘Two Countries Twin Parks’,” pungkasnya.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024