MENGENAL RAS MALANESIA LEBIH JAUH

0
89

 

Jakarta-MALANESIANEWS,- Ras Malanesia , beberapa orang mungkin belum  mengetahui apa itu ras malanesia,  siapa mereka dan dimana mereka tinggal .

Sebelum mengulik lebih  jauh tentang ras malanesia , kita harus mengerti terlebih dahulu apasih arti malanesia?,  dari mana asal kalimat malanesia ? .

Mengutip dari Britannica, Malanesia berasal dari bahasa Yunani, yakni “Melas” yang berarti Hitam dan “Nesos” yang berarti Pulau . Penyebutan pertama kali  di pakai oleh seorang penjelajah  asal prancis yang bernama J. Dumont d’Urville  sekitar abad ke-19 dan awalnya penyebutan ini hanya menandai wilayah geografis semata.

Ras malanesia adalah satu dari empat macam ras yang ada di dunia yang merupakan sub ras Negroid , Kemudian ras Malanesia datang ke indonesia  pada tahun 70.000 SM (Sebelum Masehi ) yang mana  Ras malanesia  berimigrasi dari Asia ke Oseania menuju papua dan Asutralia bagian tenggara sebelum Pulau Papua dan Benua Australia terbagi.

Ras malanesia sangat mudah dikenali berdasarkan ciri khas fisiknya , Pada umumnya Ras malanesia memiliki kulit  berwarna gelap , rambut ikal , struktur tulang yang besar dan kokoh  dan badan yang terlihat atletis .

Mengutip dari Kemendikbud, jumlah populasi Ras Malanesia di wilayah indonesia mencapai 13 juta orang  yang terbagi  wilayah bagian timur indonesia mencakup wilayah Papua , Kepulauan Maluku , serta Nusa Tenggara .(adhyct19)