Ekonomi Indonesia Pada Kuartal II-2022 Diperkirakan Dapat Tumbuh 5%

0
257

Jakarta, Malanesianews, – Pemerintah memperkirakan bahwa ekonomi kuartal II-2022 mampu tumbuh lebih dari 5% yoy. sejalan dengan perkiraan pertumbuhan ekonomi dari Bank Indonesia (BI) yang sebesar 5,05% yoy.

Analis Makroekonomi Bank Danamon Indonesia Irman Faiz memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada periode April 2022 hingga Juni 2022 tumbuh 5,7% yoy, atau bila dibandingkan dengan kuartal I-2022, tumbuh 4,0% qtq.

Menurut Faiz, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2022 ditopang oleh pertumbuhan konsumsi rumah tangga.

“Aktivitas Lebaran kemarin cukup mendorong konsumsi rumah tangga,” Ujar Faiz

Selain konsumsi rumah tangga, pembentukan modal tetap bruto (PMTB) atau investasi juga mendorong pertumbuhan ekonomi. Investasi asing langsung meningkat cukup signifikan dan investasi langsung dalam negeri didorong pertumbuhan sektor transportasi dan pergudangan.

Sedangkan belanja pemerintah pada kuartal II-2022 berpotensi mengalami kontraksi. Ini karena faktor basis tinggi, yaitu pada tahun lalu pemerintah memberikan stimulus yang cukup tinggi karena ada gelombang Covid-19.

“Dengan demikian pada kuartal II tahun ini, belanja pemerintah menurun. Ini juga seiring dengan konsolidasi fiskal,” ungkap Faiz.

Senada dengan Faiz, Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal II-2022 tembus 5% yoy, yaitu lebih tepatnya di 5,23% yoy.

Sedangkan Kepala Ekonom Bank DBS Radhika Rao memperkirakan pertumbuhan ekonomi domestik di kuartal II-2022 akan ada kisaran 5,2% yoy hingga 5,3% yoy.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024