Memasuki Tahun Politik, Papua Harus Hati-hati

0
3498

Jayapura, Malanesianews, – Anggota Dewan Pakar Dewan Pengarah Bidang Geopolitik dan Geostrategis Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Prof. Dr. Drs. Ermaya Suraditana, menyebutkan bahwa memasuki tahun politik, Papua harus hati-hati.

“Papua sekarang mau menghadapi Pemilu, kita harus hati-hati agar tidak terjadi suatu fluktuasi politik yang mengarah pada terjadinya disintegrasi bangsa,” kata Ermaya.

Ia juga mengingatkan, etika pemerintahan dan demokrasi tetap dijalankan. Tetapi, demokrasi tidak bebas kebablasan.

“Gubakan analisis Asoka sebagai analisisis untuk melahirkan kebijakan bagi seorang pemimpin, dengan memperhatikan aspek kamampuan, aspek kekuatan, aspek peluang, dan aspek budaya,” terangnya.

Jika aspek tersebut digunakan, lanjur Ermaya, Keputusannya akan membawa manfaat bagi diri sendiri, bangsa dan negara.

“Yang terpenting, bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Ini menjadi peran yang sangat mendasar, karena tanpa landasan kualitas sumber daya manusia maka pembangunan dan jalannya roda pemerintahan pasti akan mengalami gangguan,” jelasnya.

Selain itu, Ermaya juga mengatakan, bahwa seorang pemimpin harus memiliki imajinasi yang kuat, agar bisa melakukan aktivitas untuk menguasai apa yang menjadi tugas dan fungsi pokoknya.

“Kondisi dunia yang sedang mengalami perubahan harus diantisipasi, sehingga kebijakan-kebijakan tingkat nasional bisa menyesuaikan. Dengan begitu, tidak terjadi suatu proses penetrasi krisis karena sekarang dunia sedang menghadapi krisis,” terangnya.

Ia menambahkan, bahwa kehadiran BPSDM untuk mengakselarasi kualitas SDM dari 6 Provinsi di Tanah Papua.

“Dengan cara seperti itu, akan menjadi daerah-daerah Provinsi yang kelak menjadi mandiri, lebih otonom dan bisa menjadikan daerah tersebut tidak ketergantungannya penuh kepada pusat melainkan daerah otonom tadi bisa meningkatkan PAD dan bisa membangun dengan baik,” pungkasnya.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here