Kebakaran Melanda Kantor Radio Kenambay Umbay di Kabupaten Jayapura: Dampak Besar dan Upaya Pemulihan

0
293

Jayapura, Malanesianews, – Kabupaten Jayapura diguncang oleh peristiwa kebakaran yang meratakan kantor Radio Kenambay Umbay. Kabar mengejutkan ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, yang turut melakukan peninjauan langsung di lokasi kebakaran yang berada di komplek Gunung Merah Sentani.

Kehilangan yang dialami tak hanya terbatas pada fisik bangunan, namun juga mencakup dampak signifikan bagi misi pendidikan dan penyampaian informasi yang direncanakan. Radio Kenambay Umbay sebenarnya tengah mempersiapkan diri untuk menjadi sumber edukasi dan penyebaran berita penting, terutama terkait Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), serta Pemilihan Bupati.

Namun, rencana ini terpaksa ditunda lantaran kebakaran yang menghanguskan kantor tersebut. Gustaf menjelaskan bahwa radio memiliki peran strategis dalam membentuk perspektif dan kesadaran masyarakat dalam menghadapi proses demokrasi. Pesan yang disampaikan melalui radio memiliki daya pengaruh yang kuat, terutama dalam membentuk pandangan dan pemahaman.

Gustaf memohon dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam upaya rekonstruksi kembali kantor yang sebelumnya digunakan sebagai basis penyiaran. Dia juga berharap agar kepolisian segera menelusuri penyebab pasti dari insiden ini yang terjadi di Kamis (17/8/2023) dini hari.

Dalam sorotannya, Gustaf menegaskan betapa pentingnya pemberitaan yang sehat dan kredibel bagi masyarakat. Dia menyoroti betapa karakteristik pesan yang disampaikan melalui radio memiliki daya pengaruh yang tak terhingga, terutama di era digital saat ini.

Kehilangan ini sekaligus menjadi pelajaran bagi Kominfo Kabupaten Jayapura. Gustaf berjanji akan memastikan pemasangan kamera pengawas (CCTV) di berbagai area perkantoran sebagai bentuk pengamanan dan transparansi.

“Saat ini, kami tengah berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk pemasangan kamera pengawas, sehingga kami dapat mencegah kejadian serupa di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Seiring berjalannya waktu, penyelidikan terus dilakukan untuk mengungkap sumber dan akibat pasti dari kebakaran tersebut. Gustaf memaparkan bahwa peristiwa serupa juga telah terjadi minggu sebelumnya, mengingatkan pentingnya upaya pencegahan dan penanganan yang lebih baik di masa depan.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here