Kampung Meukisi di Kabupaten Jayapura Sukses Mendaftarkan Seluruh Penduduk sebagai Peserta JKN

0
298

Jayapura, Malanesianews,– Kampung Meukisi, yang terletak di Kabupaten Jayapura, mencapai tonggak penting dengan berhasil mendaftarkan seluruh penduduknya sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Anita Panggabean, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Jayapura, dalam konferensi pers yang diadakan di Jayapura pada Rabu (14/6/2023).

Anita Panggabean mengatribusikan keberhasilan ini pada implementasi program JKN dan inisiatif khusus yang dikenal sebagai “Program Pesiar” (Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi), yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Jayapura di Kampung Meukisi. Kampung Meukisi menjadi desa pertama yang menjalani Program Pesiar, yang bertujuan untuk mengintegrasikan data penduduk dengan data kepesertaan JKN.

Melalui Program Pesiar, BPJS Kesehatan Cabang Jayapura bekerja sama dengan pemerintah desa setempat untuk menyelaraskan data penduduk dengan data kepesertaan JKN. Hal ini memungkinkan proses pendaftaran JKN yang komprehensif dan akurat.

Anita Panggabean menjelaskan bahwa Program Pesiar merupakan pendekatan strategis yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk meningkatkan jumlah peserta JKN dan memperluas cakupan program tersebut. Melalui kegiatan Pesiar, BPJS Kesehatan Cabang Jayapura memberikan pemahaman kepada penduduk Kampung Meukisi tentang pentingnya kerjasama antara pemerintah desa, masyarakat, dan BPJS Kesehatan. Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi individu yang belum terdaftar sebagai peserta JKN dan memberikan edukasi tentang manfaat, hak, kewajiban, dan prosedur program JKN.

Anita Panggabean menekankan bahwa Program Pesiar di Kampung Meukisi merupakan langkah awal BPJS Kesehatan Cabang Jayapura dalam melakukan kegiatan serupa di desa-desa lain di Kabupaten Jayapura. Dengan mengintegrasikan data penduduk dengan data kepesertaan JKN, BPJS Kesehatan memastikan bahwa seluruh penduduk Kampung Meukisi akan terdaftar sebagai peserta JKN mulai tanggal 1 Juli 2023.

Keberhasilan ini mencerminkan komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan akses yang sama kepada layanan kesehatan bagi semua warga negara, termasuk mereka yang tinggal di daerah terpencil dan kurang terlayani. Harapannya, keberhasilan ini akan menjadi contoh bagi daerah lain untuk meningkatkan jumlah peserta JKN dan memperkuat sistem jaminan kesehatan nasional.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here