Jadi Jantung Transportasi di Papua , Berikut Fakta Fakta Menarik Bandara Wamena

0
521
Bandar Udara Wamena (15/02/23)

Wamena, Malanesianews, – Bandar Udara Wamena (Inggris: Wamena Airport) (IATA: WMX, ICAO: WAVV), adalah bandar udara yang terletak di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. Bandar udara ini memiliki ukuran landasan pacu 2175 m x 45 m.

Bandar Udara (Bandara) Wamena mempunyai peranan penting bagi pembangunan Papua, khususnya wilayah Jayawijaya. Karena melalui Bandara ini, semua kebutuhan daerah ini dipasok.

Terlihat Dari pantauan terkini Reporter Malanesianews, Rabu, (15/02/2023) Bandara Wamena terlihat sibuk, banyak aktivitas yang terjadi, intensitas keluar masuknya penumpang sangat tinggi.

Terlihat banyak ojek pangkalan dan becak yang lalu lalang di depan Bandara Wamenya yang mengantar penumpang dari Bandara.

Dan Berikut Fakta Fakta Menarik Dari Bandara Wamena:

1. Memadukan gaya arsitektur futuristik dengan rumah adat Honai

Dari sisi arsitektur, Bandara Wamena kini terlihat lebih megah yang didesain dengan memertahankan nuansa budaya lokal setempat yaitu bergaya “Rumah Honai”. Dengan luas terminal 4.000 meter persegi, Bandara Wamena kini dapat menampung hingga 228 penumpang dengan fasilitas lengkap meliputi lima buah konter check-in, kursi penumpang di ruang boarding, ruangan ber-AC dan toilet. Pembangunan terminal bandara dilakukan sesuai dengan standard keselamatan dan sangat memerhatikan kebersihan dan kenyamanan penumpang.

2. Mampu melayani pergerakan pesawat 150 hingga 180 per hari

Dapat dikatakan, Bandara Wamena menjadi salah satu bandara tersibuk di Papua setelah Bandara Sentani, Jayapura. Lalu lintas penerbangan di Bandara Wamena cukup tinggi, yakni sebanyak 150-180 pergerakan dalam sehari.

Dari jumlah lalu lintas pergerakan pesawat di Bandara Wamena ini kebanyakan melayani penerbangan perintis, diantaranya: Wamena-Tiom, Wamena-Dekai, Wamena-Elilim, Wamena-Karubaga, Wamena-Mamit, Wamena-Sobaham, Wamena-Kenyam, Wamena-Mapenduma, Wamena-Mugi, dan Wamena-Kobagma.

3. Dapat didarati pesawat berukuran sedang-besar

Bandara Wamena ini dapat disinggahi pesawat berukuran sedang seperti Cessna, ATR-72, Boeing 732 dan 733. Namun, juga dapat didarati oleh pesawat berkategori di atasnya seperti Boeing 737-300.

4. Menghubungkan kabupaten di sekitarnya

Bandara Wamena ini menghubungkan wilayah Jayawijaya dengan Jayapura dan kabupaten pemekaran lainnya seperti : Kabupaten Lanny Jaya, Tolikara dan lainnya

Rencananya pada tahun 2023 ini Bandara Wamena akan memperpanjang runway menjadi 2.500 meter agar dapat untuk mendarat pesawat-pesawat berbadan lebar, seperti Airbus 320 dan pelebaran apron, masterplan ultimate runway 2.800 meter.

(K.U)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here