Gelar Festival Pemuda Papua, Baharudin Farawowan : Pemilu 2024 Adalah Panggungnya Pemuda Papua

0
420

Jayapura, Malanesianews, – Dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) 28 Oktober 2023, Baharudin Farawowan selaku Funder/CEO Rumah Suara Torang akan menggelar kegiatan yang dinamakan “Festival Pemuda Papua (FPP)”, selama bulan Oktober untuk menumbuhkan semangat anak muda Papua dalam menyongsong Pemilu 2024 di Tanah Papua.

Bahar Farawowan mengatakan, Pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari sendiri di antaranya nilai kegotongroyongan, patriotisme, musyawarah, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan, Cinta damai, dan tanggung jawab.

“Kini, 2023 Sumpah Pemuda telah berusia 95 tahun, tantangan pemuda setiap zaman terus ikut mewarnai perjalan bangsa dan negara termasuk berpartisipasi aktif dalam Pemilihan umum tahun 2024 mendatang,” kata Bahar melalui catatan refleksinya kepada Malanesia.News.

Menurut Bahar, Pemilu kali ini akan menjadi panggungnya Pemuda, khususnya Pemuda Papua untuk menentukan pemimpin Indonesia kedepan.

Hal tersebut, kata Bahar, karena Pemuda bertindak sebagai pemilih mayoritas. Dimana dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Papua tercatat sebanyak 727.835 Pemilih, dimana hampir 50% pemilih adalah pemuda.

“Ini jelas menunjukkan bahwa di Papua, Pemuda baik generasi milenial dan generasi Z memperolah porsi terbesar dari DPT Pemilu 2024 di Tanah Papua,” ujarnya.

Di samping itu, Ketua Panitia Pelaksana FPP, Moh Supriadi mengatakan, Peringatan Sumpah Pemuda kali ini kami akan melaksanakan beberapa kegiatan Kepemudaan selama bulan Oktober.

“Sebagai kaum muda, kegiatan ini adalah bentuk komitmen kami selaku anak muda untuk membangun Papua,” kata Supriadi.

Menurutnya, bonus demografi yang dimili Papua pada Pemilu 2024 sangat menentukan arah pembangunan Papua pasca Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Momentum Sumpah Pemuda harus menjadi spirit bagi anak muda Papua untuk berkontribusi melalui kegiatan yang positif,” tuturnya.

Dengan terlibat secara aktif dalam kegiatan yang positif, kata Supriadi, dapat memberikan kontribusi terbaiknya untuk Papua pasca DOB.

“Anak muda Papua harus ambil bagian di era DOB ini,” tutupnya.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here