Ganjar Pranowo Terima Penghargaan sebagai The Best Governor Tahun 2023 dari The Asian Post

0
230

Yogyakarta, Malanesianews,- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menerima penghargaan sebagai The Best Governor Tahun 2023 dari The Asian Post. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Ganjar dalam menciptakan Good Corporate Governance (GCG) dan membuat inovasi untuk Bank Pembangunan Daerah (BPD). Ganjar menerima penghargaan tersebut dalam acara Infobank Top BUMD 2023 ‘Visi Kepala Daerah terhadap BUMD sebagai Agen Pembangunan Daerah yang Profesional’ di Hotel Ambarukmo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam pidato penerimaan penghargaan, Ganjar mengucapkan terima kasih kepada seluruh timnya yang telah bekerja keras untuk menerapkan GCG dan menciptakan inovasi sehingga BPD semakin bermanfaat bagi rakyat. Sejak 2013, Ganjar selaku Gubernur Jawa Tengah selama dua periode telah mengimplementasikan GCG dengan menerapkan beberapa peraturan.

Salah satu peraturan yang diterbitkan oleh Pemprov Jateng adalah UU 40 Tahun 2007 Tentang PT, PP 54 Tahun 2017 Tentang BUMD, UU 23 Tahun 2014 Tentang Pemda, POJK 4/POJK.03/2015 dan POJK 55/ POJK.03/2016. Implementasi GCG ini dilakukan untuk menjauhkan BUMD dari intervensi politik dan kepentingan birokrasi.

Untuk memposisikan BPD agar terhindar dari kepentingan birokrasi, Ganjar memetakan organisasi manajemen dan keuangan, pembinaan kepengurusan, pembinaan pendayagunaan aset, pembinaan pengembangan bisnis dan evaluasi administrasi. Ganjar juga telah menerapkan GCG dengan prinsip keadilan, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban dan transparansi.

Atas komitmennya tersebut, Ganjar dinilai layak menerima penghargaan Gubernur Terbaik Tahun 2023. Ganjar juga menyatakan bahwa selama sepuluh tahun memimpin, ia dan timnya turun tangan sendiri untuk mengatasi hal-hal yang mengganggu implementasi GCG di BPD. Dengan cara tersebut, GCG dapat berjalan dengan baik.

Penghargaan ini menunjukkan bahwa Jawa Tengah telah berhasil menciptakan BPD yang efektif, efisien, dan transparan. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di bawah kepemimpinan Ganjar Pranowo berhasil mengubah pola pikir masyarakat tentang pentingnya GCG di BUMD dan membuktikan bahwa GCG adalah kunci keberhasilan sebuah perusahaan. Ganjar Pranowo telah menjadi contoh bagi para pemimpin daerah lainnya dalam menerapkan GCG di BUMD dan menciptakan BPD yang menjadi agen pembangunan daerah yang profesional.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024