Duel Pilpres Amerika Serikat, Urutan Mulai dari Pemungutan Suara Hingga Pelantikan

0
56

Jakarta, Malanesianews, – Donald Trump dan Joe Biden sama-sama kembali ke pertarungan di pemilihan Presiden Amerika Serikat ( AS). Meski ini adalah pertemuan langsung pertama mereka di ajang pilpres, keduanya adalah figur lawas di Gedung Putih.

Trump seperti yang kita tahu adalah Presiden AS saat ini yang mengincar masa jabatan kedua, sedangkan Biden dulu adalah wapres Barack Obama selama 2 periode.

Lantas bagaimana alur jalannya pemungutan suara hingga pengumuman? Berikut adalah jadwal pilpres Amerika (jadwal pilpres AS) dalam Waktu Indonesia Barat (WIB), dilansir dari Wikipedia dan Reuters.

3 November: Hari pemilihan

Dikarenakan pandemi virus corona, pemungutan suara di “Negeri Paman Sam” kali ini dilakukan melalui surat atau mail-in voting.

Ada kemungkinan butuh waktu berhari-hari untuk menghitung jumlah suara, karena saking luasnya wilayah Amerika dan banyaknya penduduk. Pemungutan suara ditutup secara bertahap mulai dari negara bagian New Hampshire pada Rabu (3/11/2020) pukul 12.30 WIB, diikuti Zona Waktu Timur seperti Indiana dan Kentucky pada Kamis (4/11/2020) pagi jam 6.00 WIB. Penutupan terus dilakukan secara bertahap hingga pukul 11.00 siang WIB di Idaho, Oregon, California, Washington, dan kemudian Alaska pada 12.00 WIB. Kemudian penghitungan suara dilakukan Kamis mulai pukul 21.00 WIB.

Penerimaan Surat Suara

Surat suara juga akan diterima secara bertahap oleh panitia di masing-masing negara bagian. Tenggat waktu paling awal adalah 6 November di Kansas, Kentucky, Massachusetts, North Carolina, Pennsylvania, dan Virginia. Tenggat waktu terakhir penerimaan surat suara adalah di California pada 20 November.

14 Desember: Suara Dewan Elektoral

Pada Senin (14/12/2020) anggota Dewan Elektoral atau Electoral College akan memberikan suara mereka untuk memilih presiden. Di sistem pilpres AS, pemenang di tiap popular vote (suara publik) berhak mendapat suara elektoral di negara bagian tersebut. Capres butuh minimal 270 suara elektoral untuk memenangkan kursi kepresidenan. Baca juga: Mengenal Electoral College, Kunci Kemenangan di Pilpres AS

6 Januari 2021: Pertemuan Kongres

Kongres bertemu pukul 1 siang waktu setempat di Washington untuk menghitung suara elektoral dan mengumumkan pemenang.

20 Januari 2021: Hari pelantikan

Presiden dan wakilnya dilantik di Gedung Capitol, Washington.