DPS Pemilu 2024 Didominasi Pemilih Pemula, PMII Cabang Kota Jayapura Rancang Forum Diskusi Politik dan Edukasi Pemilu

0
351

Jayapura, Malanesianews,– Berdasarkan hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Tingkat Nasional Pemilu 2024, KPU mengumumkan sebanyak 205.853.518 adalah pemilih pemula untuk Pemilu 2024 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kota Jayapura merancang Forum Diskusi Politik dan Edukasi Pemilu 2024 bertajuk “Edukasi Politik Bagi Pemilih Pemula Dalam Menyongsong Pesta Demokrasi 2024” yang akan diselenggarakan pada tangga 19 Juni 2023, di Gedung Aula Terpadu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua atau Kampus IAIN Buper, Waena.

Agus Basar Sandi, S.Pd, selaku Ketua Umum PMII Cabang Kota Jayapura mengatakan, tujuan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada pemilih pemula, agar tidak terjerumus dalam praktek politik yang menciderai nilai-nilai demokrasi.

“Untuk memberi pengetahuan dan pemahaman, agar mereka tidak dapat memberikan hak suara dengan baik dan tidak terjerumus ke dalam politik-politik yang menciderai demokrasi,” ujar Agus.

“Mengingat juga pemilih pemula pada Pemilu 2024 mencapai 60%, ini angka yang cukup fastastik. Sehingga forum ini dapat memperkaya pengetahuan dan warna baru bagi Pemilu 2024 mendatang,” imbuhnya.

Direncanakan akan hadir, Tenaga Ahli DPR RI, Baharudin Farawowan, Ketua Bawaslu Kota Jayapura, Ketua KPU Kota Jayapura dan Kesbanpol Kota Jayapura.

Menurut Agus, dengan menghadirkan narasumber tersebut, diharapkan bisa memberikan pencerahan bagi generasi muda yang ada di Kota Jayapura.

“Dengan menghadirkan para narasumber tersebut, maka kami Pengurus PMII Cabang Kota Jayapura barharap dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru untuk menyikapi pesta Demokrasi 2024,” pungkasnya.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here