DP4 Pada Pemilu 2024 Mencapai 206 Juta Pemilih

0
235
Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H.

Jakarta, Malanesianews – Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh menyampaikan jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) untuk Pemilu 2024 berjumlah sebesar 206juta pemilih sesuai dengan pembaruan data per 29 Juni 2022.

Data tersebut menurut Zudan belum final tentunya akan terus diperbarui hingga menjelang hari pemilihan Umum 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah 2024.

“Apakah data ini fix tentu tidak, ini akan terus bergerak, nanti ada yang pindah TNI-Polri, pensiun, dari luar negeri masuk kedalam negeri dan sebaliknya, meninggal dunia. Jadi dinamikanya tinggi karena masih ada waktu dua tahun lagi dari sekarang.” ujar Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh

Ditjen Dukcapil Kemendagri pun akan terus berbagi data terbaru yakni data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) dan DP4 untuk dimanfaatkan KPU RI nantinya menyusun data pemilih sementara hingga daftar pemilih tetap.

Nantinya setiap dua kali dalam setahun Dukcapil memberikan data pada KPU semester 1 diberikan setiap 30 juni nanti semester 2 itu tiap 30 Desember. Jadi polanya seperti berbagi paket data.

Zudan mengatakan UU Adminduk dan UU Pemilu memerintahkan Kemendagri untuk berbagi data kependudukan dalam bentuk DAK2 untuk menentukan daerah pemilihan dan DP4 untuk menentukan berapa banyak orang yang memiliki hak pilih.(saf)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024