Distrik Sota , Titik 0 Kilometer Paling Timur Indonesia

0
179

Merauke,Malanesianews,- Bila titik Nol Kilometer Sabang mewakili ujung paling barat Indonesia di Nanggroe Aceh Darussalam, Distrik Sota yang berada di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan , mewakili sebagai  titik Nol Kilometer paling timur Indonesia.

Titik Nol Kilometer di Distrik Sota yang berjarak 80 km atau sekitar 1 setengah jam perjalanan darat dari Kota Merauke, hampir separuh perjalanan dari Kota Merauke menuju titik Nol Kilometer harus menembus hutan belantara Taman Nasional Wasur (TNW).

Taman Nasional Wasur seluas 4.138 kilometer persegi yang merupakan lahan basah terluas di Papua ini menjadi rumah dari berbagai jenis flora dan fauna.

Kurang lebih jarak 500 meter sebelum titik 0 km, ada Pos Pantau Lintas Batas RI-PNG . Selain Titik 0 KM ,Distrik Sota juga merupakan garis terdepan NKRI yang langsung berbatasan dengan Papua Nugini

Terdapat Monumen besar angka “0 KM Merauke-Sabang” yang menjadikan Distrik Sota sebagai destinasi Wisata  di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan .

Selain itu terdapat  gapura setinggi 4 meter dengan patung burung garuda di atasnya dan tulisan ‘Good Bye and See You Again Another Day’ dengan hiasan burung garuda di atas gapura berwarna krem dan sejumlah bendera Merah-Putih juga berdiri tegak di sekitar gapura tersebut.(adhyct)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here