Diresmikan Jokowi Hari Ini, Papua Youtuh Creativ Hub Bakal Punya Banyak Fasilitas

0
235
Presiden Joko Widodo bermain bola bersama anak-anak setelah meresmikan Papua Football Academy di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura pada Rabu, 31 Agustus 2022. Papua Football Academy atau PFA merupakan sekolah sepak bola dan asrama bagi para putra Papua yang menjadi wujud kepedulian PT Freeport Indonesia terhadap olahraga, khususnya di Papua, dan akan bermarkas di Kabupaten Mimika. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jayapura, Malanesia News,­ – Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal meresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua, Selasa, 21 Maret 2023. Gedung yang menelan anggaran Rp105 miliar dan dibangun bersama Badan Intelijen Negara (BIN) itu memilki berbagai fasilitas.

Selanjutnya dalam Rancangan PCYH di Fasilitasi dengan Gedung Utama dua Lantai dan Dua Gedung asrama. Gedung tersebut dilengkapi dengan Internet berkecepatan 100 Mbps dengan Bandwith Upstream Downstream Simestris 1 : 1

Dua gedung asrama terdiri dari 46 kamar dengan fasilitas tempat tidur lengkap, lemari, kamar mandi di dalam dan lainnya. Setiap kamar berkapasitas dua orang, sehingga asrama bisa dihuni untuk 96 orang. Gedung juga dilengkapi dengan sistem alarm kebakaran yang terpusat di ruang kontrol, tersambung dengan semua speaker yang ada di dalam maupun luar gedung.

CEO Bajalan, Aksamnia Woisiri menjelaskan Bahwa Gedung tersebut akan di manfaatkan untuk membantu kesejateraaan Masyarakat di Papua. Bejalan merupakan Aplikator yang nantinya bakal digunakan Masyarakat unutk Mengakses Fasilitas di PYCH.

“Gedung tersebut nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan untuk membantu mempercepat kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua,” ujar CEO Bajalan, Aksamina Woisiri, dalam keterangannya, Senin, 20 Maret 2023.

Selain itu, terdapat ruang untuk produk UMKM, PYCH cafe, ruang pelatihan-pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space, hingga ruangan berbentuk tribun berkapasitas ratusan orang untuk pertunjukkan, acara keagamaan dan lainnya.

Perwakilan Toko Muda Papua, Vitha Faidiban menjelaskan bawah PYCH akan menunjang Kreativitas anak – anak di Pulau Papua.

“Saya mewakili anak muda Papua mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Kepala BIN, Pak Budi Gunawan, atas kebaikan dan cintanya untuk Tanah Papua, sehingga kami diberikan kesempatan menempati gedung ini,” kata Vitha.

PYCH dibangun secara multiyears, sejak dari tahun 2021 dan 2022 di atas tanah seluas 1,5 hektare dan dilengkapi berbagai sarana termasuk ruangan untuk pameran UMKM, asrama, lapangan olahraga dan ruang teather yang mampu menampung 400 orang.

Koordinator Umum Papua Muda Inspiratif (PMI) Gracia Josaphat Jobel Mambrasar atau Billy mengakui, PYCH dilengkapi berbagai sarana penunjang yang ada diharapkan dapat menopang kegiatan dan minat pemuda baik yang ingin berwirausaha, bertani, beternak hingga konten creator dan stand up comedy. (**)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024