Dilantiknya Anggota KPU Provinsi untuk Periode 2023-2028 Membawa Harapan Baru bagi Demokrasi

0
254

Jakarta, Malanesianews,– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah melantik anggota KPU Provinsi untuk 20 provinsi di Tanah Air. Anggota KPU Provinsi yang baru dilantik ini akan bertugas selama periode 2023-2028, membawa harapan baru bagi proses demokrasi di Indonesia.

Upacara pelantikan digelar dengan khidmat di Kantor KPU RI yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat, pada hari Rabu (24/5/2023). Pelantikan tersebut dipimpin oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, yang memberikan pengarahan dan membimbing para anggota KPU dalam mengucapkan sumpah.

Sebelum memulai prosesi sumpah, Hasyim Asy’ari menanyakan kepada anggota KPU Provinsi yang dilantik, “Apakah saudara-saudara bersedia untuk diambil sumpah?” dengan tegas para anggota KPU menjawab “Siap.”

Kemudian, Hasyim Asy’ari memimpin mereka dalam membacakan sumpah yang berisi komitmen dan tanggung jawab sebagai anggota KPU Provinsi selama periode 2023-2028. Dalam sumpah tersebut, anggota KPU berjanji akan menjalankan tugas dan kewajibannya dengan sebaik-baiknya, sesuai peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia 1945. Mereka juga berkomitmen untuk bekerja sungguh-sungguh, jujur, adil, dan cermat demi suksesnya pemilihan umum, serta mengutamakan kepentingan negara dan demokrasi.

Total terdapat 106 anggota KPU yang dilantik pada kesempatan ini, mewakili provinsi-provinsi seperti Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Utara, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

Dengan dilantiknya anggota KPU Provinsi yang baru, diharapkan proses demokrasi di Indonesia semakin solid dan transparan. Mereka akan menjadi garda terdepan dalam mengawal pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, serta pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota. Tugas mereka tidak ringan, tetapi dengan semangat dan dedikasi, mereka siap menjalankan amanah ini demi kepentingan negara dan rakyat Indonesia.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024