Cegah Virus Corona, Kerajaan Arab Larang Warga Asing Umrah

0
400
Jemaah Muslim yang Sedang Melaksanakan Ibadah Umrah

Jakarta, Malanesianews, – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh mengungkapkan bahwa Kerajaan Arab Saudi telah melarang warga negara asing untuk beribadah Umrah, Ziarah Mesjid Nabawi, dan kunjungan wisata ke daerahnya.

Larangan itu bertujuan menghentikan penyebaran, pengendalian dan pemusnahan Virus Corona (COVID-19) masuk ke wilayah Kerajaan Arab Saudi, yang telah menjadi wabah epidemik di berbagai negara dalam beberapa bulan belakang ini.

Hal tersebut merujuk pada maklumat yang dikeluarkan langsung oleh Kementrian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi dalam langkah pencegahan wabah Virus Corona, Kamis (27/2) Pukul 02.40 waktu setempat

Selain melarang warga asing masuk kedalam wilayahnya, Kerajaan Arab Saudi dalam maklumatnya juga memastikan warga negaranya yang mempunyai ID kartu tanda penduduk nasional yang berada di negara luar Kerajaan Arab agar dapat kembali negara asalnya maupun ke Negara-Negara anggota Gulf Cooperation Council (GCC).

Sementara Itu KBRI Riyadh  terus berkoordinasi dengan Kementrian Luar Negeri dan Kementrian Haji dan Umrah Kerajaan Arab agar memastikan terjaminya keberadaan dan pelaksanaan teknis jamaah Umrah asal Indonesia selama pelarangan ini.

Sejalan dengan itu Duta Besar RI , Agus Maftuh Abegebriel juga memperjuangkan nasib calon jamaah Umroh asal Indonesia yang sudah mendapatkan visa untuk dapat masuk ke wilayah Kerajaan Arab Saudi dengan pertimbangan Indonesia bukan termasuk dalam negara yang terkonfirmasi terkena wabah Virus Corona.

Namun Kerajaan Arab Saudi juga menegaskan bahwa langkah-langkah pencegahan tersebut berisfat SEMENTARA dan penerapanya akan terus di evaluasi oleh lembaga kompeten terkait sampai wabah Virus Corona ini mereda.