Cegah Potensi Waba, Pemda Yapen Hadiri Pertemuan Review Dokumen Rencana Kontijensi

0
171

Kepulauan Yapen, Malanesianews, – Asisten II Setda, Oktavianus Ayorbaba mewakili Pj. Bupati Kbupaten Kepulauan Yapen, Cyfrianus Yustus Mambay menghadiri pertemuan review dokumen rencana kontijensi dan table top exercise kedaruratan kesehatan masyarakat (KKM) wilayah kerja pelabuhan laut Serui yang dilaksanakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Biak, di Hotel Maeren Seriu, Selasa (8/8/2023).

Selaku Pemerinta Daerah (Pemda) Pj. Bupati Mambay menyambut baik kegiatan ini, karena merupakan bagian dari upaya untuk mengoptimalisasikan tugas pokok dan fungsi Kantor Kesehatan Pelabuhan sesuai Keputusan Menkes RI No. 33 Tahun 2021, yaitu mencegah keluar masuknya penyakit karantina dan penyakit menular potensial wabah serta pengendalian resiko lingkungan dan pelayanan kesehatan.

“Untuk pelabuhan laut Serui, dokumen rencana kontijensi dimaksud sudah pernah disusun, namun perlu dilakukan evaluasi dan revisi agar ter-update atau sesuai kondisi saat ini, sehingga dapat memberikan perlindungan optimal bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen jika terjadi kedaruratan kesehatan masyarakat nantinya,” kata Pj. Bupati Mambay lewat sambutan tertulisnya.

Ia meminta kepada semua pihak, agar berperan pada kesempatan pertemuan ini, sehingga bisa menyampaikan data dan informasi terbaru dan teraktual tapi juga dapat dipertanggung jawabkan.

“Saya mintakan kepada semua pihak yang berperan, agar pada kesempatan pertemuan hari ini, menyampaikan data yang dan informasi terbaru teraktual tetapi juga dapat di pertanggung jawabkan apa yang di sampaikan,” tegasnya.

Ia berharap, agar apa yang disampaikan menjadi pedoman semua pihak untuk menyusun dan menghasilkan dokumen rencana kontigensi yang mampu menjawab kepentingan yang belum terakomodir.

“Peran dari masing-masing pihak yang berkepentingan agar tingkatkan kordinasi dan sinergitas dalam mengimplementasikan dokumen rencana kontijensi yang nantinya tersusun. Hal ini bukan menjadi tanggung jawab instansi terkait tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama dan menjadi perhatian dalam menyusun dokumen rencana kontijensi pelabuhan laut Serui,” pungkasnya.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024