Bergerak di Maluku,berikut Profil Yayasan Lentera Evav (YANTE)

0
646

Tual, Malanesia.news,- Sejak Pemekaran Kabupaten Maluku Tenggara menjadi Dua daerah Otonom  maka dengan lahirnya Kota Tual , muncul harapan besar dari berbagai kalangan bahwa  akan  terjadi  perubahan signifikan yang mengarah pada pemecahan masalah-masalah mendasar yang dialami oleh masyarakat Evav di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual .

Masalah-masalah mendasar tersebut seperti rendahnya tingkat pendidikan, rendahnya derajat kesehatan masyarakat, isolasi daerah, rendahnya pendapatan, pengabdian terhadap eksistensi masyarakat adat, eksploitasi sumber daya alam yang tidak arif dan cenderung membahayakan kehidupan masyarakat, serta sejumlah masalah pelik lainnya.

Tujuan dasar dari Pemekaran, yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat RI kepada Pemerintah Daerah Maluku Tenggara dan Kota Tual, adalah untuk mengangkat dan memperjuangkan hak-hak dasar orang Evav.  Dari tujuan dasar ini, maka nampak bahwa masyarakat masih tetap berada pada posisi lemah dan kurang menguntungkan.

Oleh karena itu, mereka akan menjadi target utama atau prioritas tertinggi, didalam penetapan kegiatan pembangunan. Berdasarkan hal inilah maka Saudara, Baharudin Farawowan bersama aktivis kepemudaan dan kemahasiswaan yang memiliki keprihatinan seiring, tergabung dalam satu pemikiran bersama, membentuk Yayasan Lentera Evav atau yang di singkat YANTE .

Moto Yante

“Terinspirasi Dari Semangat Larvul Ngabal Dengan menggali segala Potensi Dan Kekuatan Ain Ni Ain Guna Memancarkan Lentera Kemakmuran dan Lentera Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Evav “

Yayasan Lentera Evav (YANTE)  merupakan lembaga  independent, non-partisan dan non-pemerintah, yang mengusung Paradigma Gerakan Kritis Transformatif.

Selama ini YANTE bergerak untuk mewujudkan keadilan sosial di di Tanat Evav ( Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual). Terutama dalam usaha kemitraan sosial dan penegakan pelaksanaan pembangunan, pengabdian dan pemerdayaan terdahap masyarakat Evav, demi terwujudnya kesejahteraan bagi masyarakat Evav .

”  ( YANTE )  ini berazsaskan ke-Tuhan-an Yang Maha Esa, ke- manusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indo-nesia, kerakyatan yang di pimpin oleh hik-mat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwa-kilan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat. “

Paradigma Gerakan  dari Yayasan Lentera Evav ( YANTE )  

Adalah Kritis Transformatif . Paradigma Kritis Transformatif adalah alat analisis untuk membaca realitas sosial maupun politik di masyarakat dengan menggunakan paradigma kritis, atau berdasarkan teori-teori kritis ilmu sosial. Melalui paradigma ini setiap fenomena sosial yang terjadi dilihat secara kritis, kemudian segera diterjemahkan dan ditransformasikannya melalui usaha nyata langsung pada kehidupan masyarakat Evav.

Usaha dan Kegiatan

Untuk mewujudkan tujuan-tujuan lembaga tersebut, Yayasan Lentera Evav (YANTE)  melaksanakan program-program dalam bidang sosial kemasyarakatan, penegakan demokrasi, pemberdayaan ekonomi kerakyatan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), advokasi hukum, kesehatan dan kelautan. Program-program ini, tentunya harus selaras dengan asas dan tujuan Yayasan.

Tujuan YANTE

  1. Sebagai tempat beserikat, berkumpul bagi rakyat Evav ( Kabupaten Maluku Tanggara dan Kota Tual) di Provinsi Maluku dalam mengeluarkan pendapat, demi peningkatan kesejahteran masyarakat Evav, yang mana dijamin dalam Undang-undang dasar 1945.
  2. Sebagai upaya untuk mewujudkan kehidupan kebangsaan yang kuat, dalam negara kesatuan RI yang merdeka, bersatu, berdaulat dan berdasarkan hukum.
  3. Untuk mewujudkan kaidah-kaidah demokrasi yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat, transparansi, keadilan, aspirasi, tanggung jawab dan perlakuan yang tidak diskriminatif dalam negara kesatuan RI.
  4. Sebagai lembaga mediasi bagi rakyat Evav dalam partisipasi penguatan masyarakat agar semua program pembangunan yang direncanakan dan dilaksanakan dalam Pembangunan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat .

Pengalaman YANTE

Adapun program-program yang telah dijalankan oleh lembaga diantaranya adalah :

  1. Program Sahabat Yante ( Pembagian alat Tulis kepada siswa SD,SLTP dan SMU secara bergiliran setiap Bula di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara
  2. Memberikan Bantuan Sembako Kepada Mama-mama Pedagang kaki 5 di Pasar Tual.
  3. Bantuan Bahan Bangunan Kepada Masjid
  4. Bhakti sosial membersihakan Pasar dan Terminal Kota Tual
  5. Bantuan Bahan Bangunan kepada Gereja .
  6. Bantuan Alat Olahraga kepada Kelompok Pemuda di Kabupaten Maluku tenggara dan Kota Tual
  7. Bantuan Alat Jurnalistik Kepada Media cetak
  8. Bantuan Paket Ramadhan kepada Imam-Imam Masjid se-Kota Tual menjelang Bulan Ramdahn 2010
  9. Pembagian Paket Alquraan kepada Masjid-masjid Se-Kota Tual
  10. Pembagian Papan Nama Kios dan Bantuan Dana usaha kepada Kios-kios
  11. Pendirian Koperasi Simpan Pinjam YANTE
  12. Pendirian Media Cetak (Surat Kabar)  Suara Malanesia
  13. DLL

 

(Di atas adalah Update Kegiatan hingga 2013)