Awali Konsolidasi Caleg DPR RI di Kepulauan Yapen, Tim Baharudin Farawowan Lakukan Ziarah Makam Alm. Eliezer Bonay, Gubernur Pertama Orang Papua

0
548
Makam Alm. Eliezer Bonay, Gubernur Pertama Orang Papua (Malanesia.News)

Kabupaten Kepulauan Yapen, MalanesiaNews, – Dalam rangka konsolidasi pemenangan Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Baharudin Farawowan di Kabupaten Kepulauan Yapen pada tahun 2024 mendatang, Tim Baharudin Farawowan mengawali rangkaian agenda konsolidasi dengan melakukan Ziarah ke Makam Alm. Bapak Eliezer Boney selaku Gubernur Pertama Papua (Irian Barat saat itu).

Makam tokoh Papua ini terletak di Puncak Bukit Nundawipi, Kampung Pasir Putih, Distrik Yapen Selatan, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Daerah ini secara umum orang menyebutnya Serui Laut, yang dahulu namanya adalah ARUI sebelum menjadi Serui Laut.

Kehadiran Tim di Serui Laut disambut hangat oleh tetua kampung dan anak muda yang rata-rata adalah nelayan pada, Rabu (13/09/2023).

Menurut keterangan masyarakat setempat, di Puncak Bukit Nundawipi terdapat Gereja di masa Belanda dan menjadi pusat pendidikan tokoh-tokoh Papua, seperti Silas Papare, Siliwanus Samberi, Fredi Numberi, Eliezer Bonay, dll.

“Makanya bukit ini juga disebut Bukit Pendidikan,” ucap Tetua Kampung, Bapak Dicky Nupapati.

Selain itu, di bukit ini konon bendera Merah Putih dijahit dan kemudian dikibarkan oleh 60 orang (tidak disebutkan nama satu-persatu).

“Di bukit ini juga pertama kalinya bendera Merah Putih dikibarkan sebagai simbol kembalinya Indonesia ke Pangkuan Ibu Pertiwi,” kata Dicky.

Setelah berdialog dengan masyarakat nelayan di Kampung Pasir Putih, Tim langsung diajak menuju makam Alm. Elizer Bonay di Puncak Nundawipi.

“Saya berharap ini menjadi berkat bagi kita semua, wabil khusus Bapak Baharudin Farawowan selaku Caleg DPR RI Dapil Papua, serta seluruh teman-teman Panitia HUT Maritim Nasional 2023 dari Rumah Suara Torang Provinsi Papua dan GEOMARITIM,” ungkap Ketua Panitia HUT Maritim Nasional 2023, Abdul Haris Nepe.

Usai Ziarah makam, Tim memutuskan untuk membasahkan kaki di Pantai Anjadi (di bawah bukit Nundawipi) sebagai simbolisasi visi Kemaritiman yang dibawa.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024