Asal-Usul Nama “Imlek” dan Peringatan Tahun Baru China

0
60
Suasana Perayaan Tahun Baru China di Indonesia

Jakarta, Malanesianews, – Hari ini Jumat tanggal 12 Februari bertepatan dengan peringatan Tahun Baru China atau Imlek 2021.Tahun Baru Imlek 2021 atau 2572 menandai masuknya tahun untuk shio Kerbau Logam.

Mengutip dari KBBI, Imlek adalah Tahun Baru China yang jatuh pada tanggal satu bulan pertama di awal tahun, berkaitan erat dengan pesta menyambut musim semi. Imlek juga disebut sebagai penanggalan China berdasarkan peredaran bulan.

Tahun Baru China dirayakan setiap tahun oleh masyarakat keturunan Tionghoa di seluruh dunia.

Pemerintah China menetapkan momen Tahun Baru China sebagai hari libur nasional selama satu pekan penuh.

Di China, perayaan tahun baru ini disebut dengan Juen Cie yang dalam bahasa Mandarin berarti festival menyambut musim semi.

Perayaan Tahun Baru China di Indonesia disebut sebagai Tahun Baru Imlek. Kata Imlek ini berasal dari bunyi dialek Hokkian yang dalam bahasa Mandarin disebut yin li.

Yin li berarti lunar calendar atau kalender lunar, artinya penanggalan yang dihitung berdasarkan peredaran Bulan.

Istilah imlek ini juga ternyata hanya bisa ditemui di Indonesia.

Di negara-negara lain, mereka memiliki istilah masing-masing untuk menyebut nama perayaan Tahun Baru China. Meski penyebutannya berbeda-beda, tapi perayaannya hampir sama.

Dalam perayaan Tahun Baru Imlek, seluruh anggota keluarga besar akan berkumpul di satu rumah. Umumnya, mereka akan berkumpul di rumah orang tua atau rumah kakek dan nenek.

Itu karena sesuai budaya Tionghoa, orang yang lebih mudah harus mengunjungi rumah orang yang lebih tua.Lalu, mereka akan makan bersama.Makanan yang disiapkan merupakan makanan khas Imlek, satu di antaranya yakni ikan bandeng.

 Gong Xi Fa Cai

Gong Xi Fa Cai merupakan ucapan yang paling umum didengar saat perayaan Imlek.

Sebagian besar orang meyakini arti Gong Xi Fa Cai adalah selamat Tahun Baru Imlek.

Sayangnya, hal tersebut salah.

Dosen Program Studi (Prodi) Bahasa Mandarin Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Monika Herliana, mengatakan arti Gong Xi Fa Cai bukanlah selamat Tahun Baru Imlek.

Gong Xi Fa Cai yang dibaca kong si fa tchai, merupakan ucapan berisi harapan dan doa pada saat tahun baru tiba.

“Gong Xi artinya ‘selamat’, sedangkan Fa Cai artinya kemakmuran atau menghasilkan uang,

Jadi secara harafiah, ucapan Gong Xi Fa Cai artinya berharap di tahun yang baru kita semua mendapatkan kemakmuran dan kekayaan,” katanya.

Monika mengatakan ucapan Gong Xi Fa Cai saat Imlek bersifat universal.Hal itu karena populasi suku Tionghoa tersebar di berbagai negara lain, tidak hanya di Indonesia.

“Hal ini membuat ucapan Gong Xi Fa Cai juga dikenal di negara selain Indonesia,” ungkapnya.

Kemudian, Monika mengungkapkan, ucapan yang lebih tepat untuk disampaikan saat Tahun Baru Imlek adalah Xin Nian Kuai Le (新年快乐), atau dibaca sin nien khuai le. ‘Xin Nian’ artinya tahun baru dan ‘Kuai Le’ artinya bahagia. Secara harafiah, ucapan Xin Nian Kuai Le merujuk pada tahun baru yang bahagia.

“Ucapan ini pada umumnya diucapkan kepada saudara dan rekan-rekan yang merayakan Imlek,” kata dia.

Selain Xin Nian Kuai Le, ucapan selamat tahun baru Imlek lainnya adalah Guo Nian Hao.

‘Guo Nian’ artinya melewati tahun baru, ‘Hao’ artinya baik. Dengan demikian arti Guo Nian Hao adalah selamat tahun baru dan dapat merayakan dengan baik dan gembira.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Imlek 2021, satu di antaranya dengan membagikan ucapan-ucapan.